Di Balik Segarnya Cincau, Tersimpan 5 Manfaat Mengejutkan Cincau punya banyak manfaat untuk kesehatan (Foto: whoot)

SAAT bulan ramadan tiba, umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Nah, salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu yakni waktu berbuka puasa.

Biasanya, masyarakat di indonesia berbuka puasa dengan minuman-minuman manis dan segar. Salah satunya dengan cincau, biasanya orang-orang mengombinasikannya dengan sirup, susu dan buah-buahan.

Berbicara soal cincau, tahukah kamu jika salah satu menu favorit masyarakat indonesia untuk berbuka puasa ini mempunyai banyak manfaat lho guys. Yuk langsung saja kita simak beberapa manfaat dari cincau, seperti yang dilansir dari laman Go Dok.

1. Mengobati Batuk

Obati batuk dengan cincau (Foto: pixabay/sweetloise)

Tak banyak yang tahu jika cincau bisa meredakan batuk. Karena kadungan berbagai serat yang terdapat pada cincau, telah terbukti ampuh untuk meredakan batuk dengan cepat.

2. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung dapat teratasi dengan cincau (Foto: pixabay/derneuemann)

Disaat kamu terkena angin di malam hari, atau cuaca tengah tak bersahabat, bisa memicu kondisi perut kamu menjadi kembung oleh gas yang berlebihan. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi cincau. Karena kandungan seratnya efektif untuk memberiskan saluran pencernaan dan gas didalamnya.

3. Mengobati Panas Dalam

Cincau bisa meredakan panas dalam (foto: awesomejelly)

Manfaat cincau yang ketiga ialah untuk meredakan gejala panas dalam. Dari mulai bibir kering, sakit tenggorokan hingga sariawan. Panas dalam disebabkan oleh kurangnya cairan dan serat, Cincau memiliki dua kandungan bermanfaat itu. Jadi cincau sangat cocok untuk mengobati panas dalam.

4. Turunkan Risiko Diabetes

Turunkan risiko diabetes dengan mengonsumsi cincau (Foto: pixabay/issuc)

Cincau bisa menjaga kadar gula di dalam darah. Hal itu lantaran kandungan seratnya yang larut dalam air, bisa mengikat lemak dan gula berlebih didalam darah kamu. Lalu, kandungan gula di dalamnya juga sangat rendah. Jadi untuk kamu yang banyak mengonsumsi cincau tak akan menyebabkan kamu kelebihan gula.


5. Lawan Tumor dan Kanker

Cincau dapat melawan kanker (Foto: pixabay/qimono)

Menurut penelitian terbaru, daun cincau sanfat efektif untuk menghilangkan zat penyebab kanker di dalam tubuh. SElain itu, ekstrak daun cincau juga ampuh untuk membunuh sel kanker darah hingga 55%-90%. Lalu cincau juga bisa membasmi 3 sel kanker lainnya, seperti kanker mulut rahim, kanker payudara, serta kanker paru-paru.

Baca juga: Awas! Langsung Tidur Setelah Santap Sahur Berbahaya, Ini Penjelasannya

Nah itu dia guys manfaat dari cincau untuk kesehatan, dahsyat bukan? Selamat mencoba, semoga bermanfaat yah. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH