'Diasapi' Jonathan Rea di Mandalika, Toprak Razgatlioglu Juara Dunia

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 21 November 2021
'Diasapi' Jonathan Rea di Mandalika, Toprak Razgatlioglu Juara Dunia
Pembalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu saat sesi SBK Tissot Superpole WSBK Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (20/11). ANTARA FOTO/Andika

Merahputih.com - Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu keluar sebagai juara dunia usai Race 1 WSBK Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11). Dalam balapan tersebut, posisi pertama ditempati pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea. Sementara posisi ketiga ditempati pembalap Aruba it Ducati, Scott Redding.

Toprak memastikan gelar dengan keunggulan 25 poin atas Rea di posisi kedua. Sisa 25 poin sebenarnya masih diperebutkan di Race 2 tetapi Toprak unggul kemenangan Race 1 dan 2 di WSBK sepanjang musim. Hasil ini membuat raihan poin Toprak tak terkejar oleh rival utamanya Jonathan Rea.

Baca Juga:

Wakil Indonesia Gagal Finis, De Rosa Juara Race 1 Supersport WSBK Mandalika

Start perdana World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika harus tertunda lagi setelah rintik hujan turun jelang Sighting lap Race 1 pada Minggu (21/11) pagi.

Setelah dua intervensi start, para kru tim kembali masuk ke trek dan pembalap memiliki waktu lima menit untuk berganti ban menyesuaikan kondisi trek sedangkan jarak balapan dipangkas menjadi 20 lap.

Para pembalap sebelumnya harus menelan kecewa karena gagal membalap pada Sabtu (21/11). Panitia kemudian memadatkan jadwal pada Minggu dengan menggelar Race 1 pada pukul 11:00 dan Race 2 pada pukul 15:00 serta meniadakan Tissot Superpole Race.

Baca Juga:

Furusato Kunci Gelar IATC 2021 yang Tertunda Gara-Gara Marshall Mandalika

Setelah lampu merah padam, Rea start dengan bagus dan mencuri posisi pimpinan lomba dari polesitter Razgatlioglu menuju tikungan pertama. Razgatlioglu sempat kehilangan dua posisi namun mampu melewati Scott Reading untuk mengejar rival utamanya dari tim Kawasaki itu.

Razgatlioglu mendapat celah untuk menyalip Rea dan kembali memimpin lomba di tikungan pertama di lap kedua.

Kedua pembalap penantang gelar itu beberapa kali bertukar posisi memimpin lomba di paruh pertama lomba yang sangat ketat, dibuntuti dua pembalap ducati Scott Redding dan Axel Bassani di grup terdepan.

Redding berupaya mengganggu ritme ketika merangsek ke posisi kedua setelah menyalip Rea di lap ke-11.

Tak lama setelah itu, Razgatlioglu membuat kesalahan setelah melebar di tikungan yang membuka jalan bagi Redding untuk memimpin lomba. Posisi sang pembalap Turki kini terancam oleh Bassani yang menempel di perebutan posisi ketiga.

Baca Juga

Polisi Tingkatkan Keamanan Pasca Unboxing Motor Ducati WSBK di Mandalika

Dengan lima lap tersisa, Rea tampil menyerang dan mendapat celah untuk menyalip Redding demi memipin lomba. Redding mulai kehilangan grip dan juga posisinya ketika Razgatlioglu menyalipnya di tiga lap terakhir.

Razgatlioglu menjadi pembalap pertama yang mempersembahkan gelar juara dunia bagi Yamaha sejak Ben Spies pada 2009 silam dan dia menjadi satu-satunya pembalap asal Turki yang meraih prestasi tersebut. (*)

#Breaking #Superbike #World Superbike #Mandalika #Sirkuit Mandalika
Bagikan
Bagikan