Dianggap Rasis, MTV VMA Diprotes Penggemar K-Pop MTV VMA dianggap banyak fans K-Pop rasis (Foto: MTV)

BOYBAND Bangtan Boys (BTS) berhasil menjadi grup K-Pop terbaik di MTV Video Music Award (VMA). Tapi siapa sangka-alih-alih bergembira atas kabar tersebut, ARMY (sebutan fans BTS) malah memprotes MTV.

Hal itu lantaran MTV dianggap rasis karena memisahkan artis K-Pop ke dalam satu kategori terpisah. Hanya satu artis K-Pop yang masuk di luar nominasi tersebut yakni BTS. Mereka masuk di kategori Best Collaboration bersama Halsey, Best Art Direction, dan Best Choreography.

BTS menang sebagai artis terbaik kategori K-Pop, namun fans tetap tidak suka dengan MTV (Foto: MTV)
BTS menang sebagai artis terbaik kategori K-Pop, namun fans tetap tidak suka dengan MTV (Foto: MTV)

Meski BTS dinominasikan di berbagai kategori, para fans tetap tidak suka dengan keputusan MTV. Banyak ARMY merasa bahwa idolanya itu pantas dinominasikan di kategori lainnya. Termasuk Video of the Year dan Artist of the Year.

Baca juga:

4 Musisi Mancanegara yang Bakal Manggung di Jakarta Blues International Festival 2019

Melihat pencapaian BTS, memang pantas jika mereka mendapatkan nominasi di kategori-kategori tersebut. Dilansir dari Variety, BTS mampu melebihi penjualan Jonas Brothers yang mendapat nominasi di kategori Artist of the Year.

Boyband yang satu ini punya banyak pencapaian besar (Foto: Big Hit Entertainment)
Boyband yang satu ini punya banyak pencapaian besar (Foto: Big Hit Entertainment)

Mereka juga jadi grup K-Pop pertama yang mendapat peringkat teratas di U.S. Billboard 200 chart. Prestasi lainnya memiliki tiga album dengan peringkat pertama dalam setahun, serta banyak memecahkan berbagai rekor Youtube dengan lagu mereka Boy With Luv.

Protes ini bukan hanya dilakukan ARMY saja melainkan para fans K-Pop lainnya. Pandangan penggemar K-Pop semakin memburuk ketika melihat artis yang mendapat nominasi kategori K-Pop. MTV dianggap tidak mengerti tentang industri K-Pop. Nominasi yang mereka buat dianggap aneh.

Misalnya Monsta X yang mendapat nominasi melalui lagu mereka Who Do U Love? untuk kategori Best K-Pop. Monsta X memang grup K-Pop, namun lagu Who Do U Love adalah lagu kolaborasi dengan French Montana, yang sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris.

Para penggemar juga tak habis pikir ketika MTV memberikan kata selamat hanya kepada French Montana. Padahal French Montana hanya mendapatkan nominasi di kategori Best K-Pop bersama Monsta X.

MTV juga tidak memberikan nominasi kepada Epik High. Padahal Epik High merupakan trio hip-hop asal Korea Selatan yang juga terkenal di Amerika Serikat. Sebelum BlackPink, Epik High pernah tampil di Coachella tahun 2016. Hal itu membuat fans K-Pop merasa Epik High seharusnya pantas mendapatkan nominasi di kategori K-Pop. (sep)

Baca juga:

Eksis 22 Tahun Berkarier, Jonathan Frizzy Masuk Nominasi Indonesia Television Awards 2019


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH