Diam-Diam Kunjungi Taman Nasional Gunung Leuser, Leonardo DiCaprio Dipuji

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 29 Maret 2016
 Diam-Diam Kunjungi Taman Nasional Gunung Leuser, Leonardo DiCaprio Dipuji
Leonardo DiCaprio terekam sedang bertolak menuju Taman Nasional Gunung Leuser Aceh (Foto: www.gunungleuser.or.id)

MerahPutih Nasional - Aktor Hollywood dan peraih Oscar 2016, Leonardo DiCaprio Senin (28/3) kemarin berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. Kedatangan tersebut rupanya luput dari perhatian media massa tanah air.

Berita kehadiran pemeran Jack Dawson dalam film Titanic itu baru heboh di jejaring sosial twitter manakala pihak pengelola Taman Nasional Gunung Lueser merilisnya melalui situs resmi www.gunungleuser.or.id. Sontak berita kedatangan Leonardo DiCaprio jadi trending topik di twitter.

Dalam pernyataan resminya pengelola Taman Nasional Gunung Leuser menyatakan kehadiran Leonardo DiCaprio di sana untuk melihat dari dekat orangutan dan habitatnya. Leonardo DiCaprio dikenal sebagai bintang dunia yang begitu peduli terhadap isu-isu lingkungan hidup.

Leonardo DiCaprio bersama krunya sedang menjajaki fasilitas Taman Nasional Gunung Leuser (Foto: gunungleuser.or.id)

Menanggapi kehadiran Leonardo DiCaprio yang ingin melihat langsung kondisi orangutan secara dekat, pihak pengelola Taman Nasional Gunung Leuser tidak keberatan.

“Balai Besar TNGL mendukung pihak-pihak yang beritikad baik membantu konservasi Leuser. Kami juga mengapresiasi pegiat lingkungan yang mengkampanyekan kelestarian alam, termasuk Leonardo DiCaprio dan rekan-rekannya ini”, ujar Kepala Balai Besar TNGL, Andi Basrul dalam situs resmi Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh.

Lebih lanjut Andi Basrul menyatakan bahwa kehadiran Leonardo DiCaprio sudah memenuhi standar dan perizinan resmi dari pihak pengelola taman nasional.

“Yang penting siapapun yang masuk kawasan konservasi tetap mengikuti prosedur dengan mengurus perijinan sesuai peraturan yang berlaku,” ujarnya seperti dikutip merahputih.com dari laman resmi TN Gunung Leuser.

Leonardo DiCaprio bersama krunya sedang mengambil gambar di Taman Nasional Gunung Leuser (Foto: gunungleuser.or.id)

Leonardo DiCaprio merupakan aktor sekaligus aktivis lingkungan yang gencar mengkampanyekan perubahan iklim. Melalui Leonardo DiCaprio Foundation, ia aktif mendukung kegiatan konservasi di seluruh dunia. Di Indonesia, yayasan ini membantu konservasi di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan hutan Aceh.

Indonesia menjadi lokasi penting bagi mereka karena memiliki keragaman hayati yang sangat tinggi. Tak heran jika kebakaran hutan yang menghabiskan sekitar 2 juta hektar lahan tahun lalu membuat ia dan dunia tersentak.

Aktor Leonardo DiCaprio memamerkan fotonya bersama Gajah di akun instagramnya (Foto: Instagram @leonardodicaprio)

Sebelum ke Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh, Leonardo DiCaprio sempat menuangkan kegelisahannya terhadap kondisi hutan di Indonesia melalui akun instagramnya @leonardodicaprio sebagai berikut:

“Lebih dari seperempat dari hutan Indonesia telah menghilang dalam 25 tahun terakhir, ditebang untuk membuat jalan bagi perkebunan yang digunakan dalam industri bubur kertas (membuat kertas dan tissue toilet yang kita gunakan) dan untuk membuat jalan bagi perkebunan kelapa sawit (minyak kelapa sawit digunakan untuk membuat sabun, deterjen, lipstik, cokelat, dan masih banyak lainnya). Diperkirakan sekitar 20 persen dari emisi karbon perusak iklim tahunan berasal dari perusakan hutan kita,” ujarnya.

BACA JUGA:

  1. Nirmolo Kaliurang, Destinasi Wisata Hutan di Kaki Gunung Merapi
  2. Serunya Berinteraksi dengan Ratusan Kera di Hutan Lindung Solear
  3. Rawa Danau, Hutan Air Tawar Terluas di Jawa
  4. Indahnya Hutan Mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove
  5. Netizen Sindir Hakim Pembebas Pembakar Hutan Pakai Jam Mewah?
#Pelestarian Lingkungan #Aceh #Orangutan #Taman Nasional Gunung Leuser #Leonardo DiCaprio
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan