Pilpres 2019

Diajak Gabung Koalisi Gerindra, Begini Jawaban Partai Demokrat

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 01 Juli 2018
Diajak Gabung Koalisi Gerindra, Begini Jawaban Partai Demokrat
Wakil Sekjen Demokrat Didi Irawadi (Foto: Twitter @didi_irawadi)

MerahPutih.Com - Partai Gerindra saat ini tengah menjajaki koalisi dengan sejumlah partai politik yang belum menyatakan sikap untuk bergabung dengan partai pemerintah. Salah satu partai yang diincar Gerindra untuk jadi mitra koalisi yakni Partai Demokrat.

Adalah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono yang menginisiasi ajakan agar Demokrat bergabung dengan koalisi Gerindra. Menanggapi hal itu, Wasekjen Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mengatakan partainya masih membuka peluang koalisi dengan siapa saja.

Kendati begitu, ia memastikan Demokrat akan mengusung atau mendukung calon presiden dan calon wakil presiden yang jelas memberikan dampak elektoral.

"Andai nanti bisa mengusung atau hanya mendukung capres atau cawapres tertentu, harus jelas dampak elektoral kepada partai," kata Didi Irawadi kepada awak media di Kompleks Parlemen, Jakarta,Minggu (1/7).

Merujuk hasil survei, Didi menilai hanya partai-partai yang mengusung capres sendiri yang paling mendapat dampak elektoral. Menurut dia, saat ini semua partai sedang berhitung cermat ihwal keuntungan terbaik yang akan diperoleh dari setiap opsi.

SBY bersama pengurus pusat Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah fungsionaris partai mengumumkan susunan kepengurusan Partai Demokrat 2015-2020 di Cibubur, Jakarta Timur,.(Foto:Antara/Akbar Gumay)

"Kalau tidak mendapat manfaat, apakah masih pantas untuk memaksakan diri ikut-ikut mendukung," ujarnya.

Didi mengatakan Demokrat belum memutuskan akan merapat ke poros Joko Widodo, Prabowo Subianto, atau berkukuh membentuk poros ketiga. Menurut dia, Demokrat masih menjalin komunikasi dengan semua partai.

Sebagaimana dilansir Antara, Didi menyatakan partainya juga tengah berfokus menggerakkan kerja partai dari pusat hingga ranting. Para pengurus dan kader Demokrat pun masih berkonsentrasi memonitor penghitungan hasil pilkada serentak 2018.

Setelah itu, kata Didi, baru partai akan memutuskan arah koalisi. Ia mengatakan mayoritas kader masih menginginkan agar partai membentuk poros baru.

"Nanti yang akan menentukan dan memutuskan adalah Majelis Tinggi Partai Demokrat," pungkas Didi Irawadi Syamsuddin.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Rizal Ramli: Kenaikan Suku Bunga Akan Menambah Permasalahan Baru

# Didi Irawadi Syamsuddin #Partai Demokrat #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan