Kesehatan

Diagnosis Penyakit Lewat Wajah, Anda pun Bisa Melakukannya

Rina GarminaRina Garmina - Sabtu, 06 Januari 2018
Diagnosis Penyakit Lewat Wajah, Anda pun Bisa Melakukannya
Gurat pada mata menunjukkan adanya stres. (Foto: Pixabay)

BANYAK orang tak menyadari kalau ia sakit. Padahal, perubahan pada bagian-bagian wajah bisa mengindikasikan kehadiran penyakit.

Proceeding of the Royal Society B menemukan orang sakit dapat dibedakan dari orang sehat hanya dengan melihat foto.

Untuk menguji apakah wajah dapat mengindikasikan gejala penyakit, peneliti memberi 22 orang dewasa suntikan bakteri umum dan plasebo. Suntikan ini tak partisipan benar-benar sakit, melainkan hanya mengelabui sistem kekebalan tubuh dan memicu respons inflamasi.

Orang yang telah disuntik akan langsung merasa mual. Dua jam setelah disuntik, partisipan difoto tanpa mengenakan riasan wajah. Foto lalu disebarkan kepada 62 relawan untuk dilihat selama lima detik, kemudian dinilai.

Hasilnya, 41 persen relawan mampu mendeteksi foto mana saja yang orangnya sedang sakit. “Orang-orang tidak terlatih pun dapat mengidentifikasi individu yang sakit akut dari hasil mengamati foto selama beberapa detik,” kata peneliti.

Penelitian ini mendukung hipotesis manusia mempunyai kemampuan mendeteksi gejala penyakit pada fase awal. Seperti dilansir Time, peneliti memperlihatkan pula foto yang sama kepada 60 relawan lain serta meminta mereka menilai gejala penyakit lewat kulit, mata dan mulut.

Ternyata bibir pucat menjadi kondisi yang paling diperhatikan. Setelah itu kulit pucat, wajah bengkak, kelopak mata membesar, serta mata merah. Namun, penelitian ini masih terbatas pada gangguan respons kekebalan tubuh sehingga tidak berlaku pada jenis penyakit lain. (*)

Dapatkan tips kesehatan lain pada artikel 5 Tips Kesehatan Untuk Para Wisatawan.

#Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan