Diabetes Hingga Gangguan Jantung Mengintai Orang yang Terlalu Sibuk Bekerja Terlalu sibuk bekerja bisa membahayakan kesehatanmu (Foto: pixabay/helpsg)

BANYAK orang mungkin terlalu sibuk bekerja, seperti jadi sering tak pulang kerumah, membawa pekerjaan kantor kerumah, bahkan bekerja sampai larut malam.

Jika kamu seperti itu, harap berhati-hati. Jika kamu terlalu sibuk bekerja sampai tak terasa, bisa membahayakan kesehatan.

Baca Juga:

Simak Nih! Camilan Sehat Untuk Dinikmati di Tempat Kerja

Banyak orang yang kecanduan bekerja 'workaholic', tentunya dengan berbagai macam tujuan. Seperti mendapatkan uang banyak demi membahagiakan orang-orang terkasih.

Namun kondisi itu tak bisa dibiarkan terus menerus, karena bisa membahayakan kesehatan fisik serta mentalmu.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, bahaya pertama yang mengintai orang terlalu sobuk bekerja ialah diabetes.

Penyakit diabetes mengintaimu jika kamu terlalu sibuk bekerja (Foto: pixabay/joergelman)

Karena bekerja terlalu keras bisa menyebabkanmu mengalami stres. Jika hal itu dibiarkan, stres bisa menggangu kerja hormon insulin yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Saat stres yang berlarut diimbangi dengan kelalaianmu menerapkan pola hidup sehat lantaran terlalu sibuk bekerja, risiko terjadinya diabetes akan lebih besar.

Bahaya kesehatan yang kedua akibat terlalu sibuk ialah gangguan jantung. 'Gila' kerja bisa membuatmu kehilangan waktu beristirahat, serta melakukan berbagai kebiasaan yang kurang sehat.

Baca Juga:

5 Cara Mengendalikan Amarah di Tempat Kerja

Seperti halnya kebiasaan merokok, minum alkohol berlebihan, hingga menerapkan pola makan yang tak sehat. Hal tersebut bisa menyebabkan munculnya gangguan pada hantung, seperti gangguan iraman jantung, serta penyakit jantung koroner.

Selain diabetes, terlalu sibuk bekerja juga bisa menyebabkan depresi dan gangguan jantung (Foto: pixabay/startupstockphotos)

Selain itu, bahaya terlalu sibuk bekerja lainnya yaitu Depresi. Karena tubuh yang lelah, pikiran yang jenuh, dan tekanan pekerjaan, bisa meningkatkan risiko terjadinya depresi.

Kondisi ini bisa ditandai dengan berubahnya pola tidur, nafsu makan yang hilang, hilangnya motivasi ataupun keinginan untuk melakukan sebuah kegiatan yang kamu sukai.

Bahaya selanjutnya terlalu sibuk kerja ialah tubuh menjadi sangat lelah. Karena terlalu sibuk bekerja bisa membuatmu jadi kurang tidur dan istirahsat. Sehingga tubuh kamu akan merasa sangat lelah. Saat lelah, kemampuanmu untuk bekerja secara produktif serta berpikir jernuh pun akan menurun. (Ryn)

Baca Juga:

Ingin Lebih Bahagia di Kantor? Lakukan Deretan Langkah Jitu Ini

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH