Dia Selingkuh, mungkinkah? Dia berslingkuh? Mungkin saja, deteksi perubahan yang ada padanya. (Foto: huffpost)

ANDA percaya pada pasangan Anda selalu setia dan tidak pernah macam-macam. Kalau memang demikian bagus. Tapi sejauhmana kesetiaannya, mungkinkah dia selingkuh? Tak ada yang dapat mengukur selingkuh itu terjadi atau tidak. Jika naluri Anda mengatakan dia berselingkuh, pahami dahulu kebenarannya. Cari tahu!

Jangan asal tuduh! Harus diingat bahwa hubungan percintaan diddasarkan dari rasa kepercayaan, saling menghormati dan mencintai. Menuduh tanpa bukti sama saja menyakiti hati dan perasaannya. Apalagi bila dia tidak pernah melakukan apa yang dituduhkan.

Perbedaan antara selingkuh fisik dan emosi sama saja dengan melihat pria dan perempuan. Pria lebih pada selingkuh fisik, sedangkan wanita lebih terlibat pada emosi. Pria hanya memikirkan bagiamana membawa perempuan dapat tidur bersama. Sedangkan perempuan lebih dalam terlibat dengan perasaannya pada pasangan selingkuhnya.

Sepetri yang dituliskan dalam laman lifehack, selingkuh emosi biasanya tidak melibatkan kontak fisik. Sebaliknya selingkuh fisik jarang melibatkan perasaan, yang terjadi adalah kegiatan bercinta saja.

Dari keterlibatan kedalaman perselingkuhannya, selingkuh emosi jauh lebih intim baik secara tatap muka atau sekedar chat. Mereka saling menjaga dalam lingkaran dan tidak mau melanggar batas satu sama lainnya.

Tanda-tanda berselingkuh memang tak mudah dideteksi. Namun yang mudah disimak adalah kesibukannya padat, namun tidak menyebutkan secara spesifik kesibukannya. Ada poin-poin tertentu yang terhenti, seperti biasanya menelepon atau bercerita tentang hari buruknya atau kegembiraan pada hati itu, apapun yang hilang dari kebiasaannya. Tapi itu tidak lantas dapat dijadikan indikator, bisa saja memang kesehariaanya sangat sibuk.

Terkadang dia merasa stres tentang sesuatu tapi tidak berhubungan dengan hubungan Anda, di waktu lain dia marah karena sesuatu yang Anda lakukan atau dia merasa Anda mulai menjauh. Cara terbaik adalah bertanya langsung padanya tentang sesuatu yang mengganjal di hatinya. Posisikan diri Anda sebagai orang yang mengerti dirinya.

Ciri lainnya adalah dia mulai tak terbuka dengan dirinya sendiri dan terlihat menjauh dari segala bentuk percakapannya. Diapun mulai memegang terus ponselnya, entah dikantungi atau hanya digenggam. Dia tak mau mengambil risiko aklau Anda mengintip selagi chatting.

Perubahan yang drastis adalah kegiatan bercinta. Dia selalu berada dalam kondisi enggan melayani Anda. Seorang perempuan yang berselingkuh, selalu tidak nyaman bila bercinta dengan pasangannya sendiri. Sebab ia sudah terikat perasaannya dengan pria lainnya.

Namun jangan melihat ciri di atas sebagai sebuah kemutlakan. Ada baiknya diperhatikan dengan benar. Perubahan emosi wajar saja, mungkin terlalu banyak hal yang dipikirkan. (psr)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH