Di Surabaya Ada New Man Lawan COVID-19 Ikon New Man yang berbentuk mural di salah satu kawasan jalan utama di Surabaya. (Foto: ist)

NEW Man, ikon yang biasa berbentuk foto atau video, muncul sebagai bentuk kampanye pencegahan penyebaran COVID-19 ini, kini live langsung menemui warga Surabaya. Kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya atau Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya, ikon New Man kini langsung beraksi ke lapangan.

New Man ini diperankan langsung Camat Sawahan M. Yunus yang berkeliling di Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Mal Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, sejak Jumat (01/01/2021) kemarin. Dengan ciri-ciri kepala plontos, perut buncit, dibalut pakaian hijau dan kaos tangan serta sepatu oranye sembari memakai masker. Para warga tampak kaget dan langsung mengabadikan sosok New Man itu.

Baca Juga:

Menutup Tempat Makan Outdoor Bisa Membantu Meredakan COVID-19?

surabaya
New Man yabg diperankan Camat Sawahan M. Yunus. (Foto: Jp)

Di KBS, ia juga memberikan dan memakaikan masker kepada anak-anak yang nampak tidak menggunakan masker. Ia juga selalu mensosialisasikan protokol kesehatan dengan menggunakan pengeras suara.

“Ayo dulur-dulur, tetap dijaga protokol kesehatannya, maskernya jangan diplorot, jaraknya dijaga, cuci tangan dengan sabun, sebab COVID-19 ini belum selesai. Ayo kita lawan COVID-19 ini bersama-sama,” ajaknya.

Usai keliling KBS, New Man pun melanjutkan perjalanannya menuju Mall TP 5 Surabaya. Banyak yang tertuju pandangannya kepada New Man terutama para pengunjung mall. Mereka pun tampak menyimak sosialisasi yang disampaikan New Man.

Lalu menuju area food court TP 5. New Man tak henti-henti menyosialisasikan para pengunjung untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Bahkan, ia meminta pengunjung agar menutup maskernya saat sudah selesai makan.

“Ayo dipakai lagi maskernya kalau sudah selesai makan, jaga jaraknya juga. Mari kita bersama-sama lawan COVID-19 ini,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, New Man juga menyampaikan jika Ikon New Man sebenarnya ide Bu Risma. Pada saat itu dia meminta jajarannya di Pemkot Surabaya untuk membuat ikon agar masyarakat selalu ingat kepada protokol kesehatan. Ide itu kemudian diterjemahkan Wakil Sekretaris IV Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya yang sekaligus Kepala BPB Linmas, Irvan Widyanto, dengan membuat ikon New Man.

“Yah kebetulan saat ini yang dipilih oleh Pak Irvan saya, sebab perut saya buncit dan kepala saya botak. Mungkin ini unik, sehingga saya wakafkan diri saya ini untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat, supaya COVID-19 ini cepat selesai di Surabaya. Apalagi, jika hanya penertiban terus saya kira warga bosen ya, makanya beliau bikin ini,” tutur Yunus.

Baca Juga:

Kisah Inspiratif Survivor Kasus 01 COVID-19 Sita Tyasutami Menghadapi Perundungan

surabaya
Ikon New Man yang mensosialisasikan prokes di Kota Surabaya. (Foto: ist)

Ia menambahkan, saat ini sudah ada Perwali 67 yang memberlakukan denda bagi pelanggar protokol kesehatan sebesar Rp 150 ribu.

“Jadi, bagi pengusaha dan masyarakat sebagai individu akan didenda Rp 150 ribu jika melanggar protokol kesehatan, dan itu tidak perlu sidang. Makanya ayo kita sama-sama disiplin,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris IV Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya yang sekaligus Kepala BPB Linmas, Irvan Widyanto mengaku sengaja berkolaborasi dengan New Man ke KBS dan Mal saat ini karena momennya tepat, yakni momen New Year dan ada New Man. Target sasaran saat ini adalah tempat-tempat yang banyak dikunjungi warga pada saat libur tahun baru ini.

“Rencananya nanti kami juga akan sasar pasar-pasar tradisional dan tempat kerumunan lainnya,” ungkap Irvan.

Ia menjamin selain sosialisasi protokol kesehatan, ia juga dengan jajaran Linmas juga membagikan masker kepada para pengunjung KBS dan Mal TP 5 Surabaya.

“Ya kami tadi bagi-bagi sekitar 1000 masker, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Semoga warga tidak kendor menjaga protokol kesehatan. Menurut kami, vaksin terbaik merupakan perubahan perilaku dengan biasakan yang tidak biasa, dengan cara itu, insya Allah COVID-19 di Surabaya bakal segera selesai,” jelas Irvan. (Andika Eldon/Surabaya)

Baca Juga:

BioNTech Yakin Vaksinnya dapat Mengatasi Varian Baru COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Alasan Kucing Ogah Buang Air di Kotak Pasirnya
Fun
Alasan Kucing Ogah Buang Air di Kotak Pasirnya

Kotak pasir harus dijaga kebersihannya

Perangkat Android akan Bisa Gunakan Controller PS5
Hiburan & Gaya Hidup
Perangkat Android akan Bisa Gunakan Controller PS5

Controller DualSense untuk dapat terhubung melalui USB atau bluetooth dengan perangkat dengan sistem operasi itu.

Google Maps Kenalkan Fitur untuk Pesepeda
Fun
Google Maps Kenalkan Fitur untuk Pesepeda

Google Maps dikabarkan akan menghadirkan fitur baru untuk para pesepeda

Sepatu Karya Beate Karlsson Ini Bikin Kamu Jadi Monster Rawa
Fun
Sepatu Karya Beate Karlsson Ini Bikin Kamu Jadi Monster Rawa

Sepatu ini terbuat dari limbah pakaian.

Sabun Mandi Batangan Termahal di Dunia Bernilai Rp39,6 Juta, Intip Keunggulannya
Fun
Sabun Mandi Batangan Termahal di Dunia Bernilai Rp39,6 Juta, Intip Keunggulannya

Yuk intip keunggulan dari sabun batangan termahal di dunia

Cara Selamatkan Diri Setelah Putus Cinta
Fun
Cara Selamatkan Diri Setelah Putus Cinta

dengan kesabaran dan pola pikir yang positif, ada masa depan yang cerah.

FST Unair Kembangkan Sensor Pendeteksi Kandungan Kreatinin
Fun
FST Unair Kembangkan Sensor Pendeteksi Kandungan Kreatinin

Sensor ini digunakan untuk mendeteksi kandungan kreatinin pada darah sebagai indikator gagal ginjal.

Phil Collins Pensiun Sebagai Drummer dari Tur Genesis 2021
ShowBiz
Miliarder Jepang Cari 8 Orang untuk Temani Dirinya ke Bulan
Fun
Miliarder Jepang Cari 8 Orang untuk Temani Dirinya ke Bulan

"Saya ingin orang-orang dari berbagai latar belakang untuk bergabung," katanya

Selesai Wajib Militer, Drama Korea Ini Jadi Momen Kembalinya Para Aktor
ShowBiz
Selesai Wajib Militer, Drama Korea Ini Jadi Momen Kembalinya Para Aktor

Berikut deretan drama Korea yang dipilih para aktor sebagai momen kembalinya mereka setelah wajib militer.