Parenting
Di Rumah Aja, saatnya Quality Time bersama Anak Saatnya menghabiskan quality time bersama anak. (foto: unsplash/jonathan borba)

PEMBERLAKUAN pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali sejak Senin (11/1) bisa jadi blessing in disguise. Para orangtua bekerja yang kini berkesempatan bekerja dari rumah bisa punya lebih banyak untuk keluarga. Secara otomatis, waktu buat anak pun bertambah.

Sudah pasti anak-anak akan merasakan dampak positif dari kehadiran orangtua di rumah. Kehadiran orangtua dalam kehidupan sehari-hari si kecil akan membangun dan menguatkan mental anak. Jadi bisa dibilang, saat di rumah aja merupakan kesempatan terbaik untuk membangun quality time bersama anak.

BACA JUGA:

Bikin Anak Aktif di Dalam Rumah

Seperti dilansir Parents, orangtua bisa menghabiskan waktu bersama anak dengan menerapkan parenting meditation. Metode itu mengharuskan orangtua memusatkan perhatian penuh pada anak, mendengarkan, dan memahami mereka. Itu berarti orangtua harus memutuskan hubungan dengan gawai, TV, maupun hal lain yang mengalihkan perhatian.

Kapankah saat paling tepat menerapkan parenting meditation? Berikut Merahputih.com berikan cara terbaik membangun waktu berkualitas dengan si kecil.

1. Manfaatkan waktu sebelum tidur

Sebelum tidur, temanilah si buah hati. (foto: pixabay/smpratt90)

Meski hanya sebentar, waktu sebelum tidur merupakan kesempatan emas untuk orangtua dan anak. Ada banyak yang bisa dilakukan bersama buah hati. Mulai dari menemani mereka membersihkan gigi, wajah, dan kaki di kamar mandi hingga mengantarkan mereka ke tempat tidur.

Manfaatkan juga waktu sebelum tidur untuk mengobrol sebentar bersama anak. Tanyalah hal-hal berkesan yang mereka alami di hari itu. Kamu juga bisa membacakan dongeng atau mengajak anak berdoa. Ingat, kuncinya ialah fokus pada anak, jangan malah memikirkan pekerjaan esok hari atau mau masak apa besok untuk sarapan.

2. Makan malam bersama

Makan malam bersama amat berarti buat si kecil. (foto: pixabay/skeeze)

Luangkan waktu untuk makan malam bersama si kecil. Bagi anak, berkumpul saat makan malam bisa menjadi hal yang istimewa. Kamu bisa ajak anak menyiapkan makan malam bersama.

Saat makan bersama, orangtua dan anak bisa mengobrol dan berbagi cerita. Orangtua bisa menanyakan perasaan anak hari itu. Jika ia memiliki masalah, bantulah ia untuk menyelesaikannya. Namun ingat, orangtua hanya memberi saran solusi ya. Bukan mendikte. Berikan kepercayaan dan waktu bagi anak menyelesaikan masalah mereka sendiri.

3. Ikut bermain

Luangkan waktu di akhir pekan untuk bermain bersama. (Foto: pixabay/rudyandersen)

Jarang bermain bersama anak? Inilah saatnya bermain bersama si kecil. Ketika harus diam di rumah saja, bukan berarti anak-anak akan mager. Bisa jadi mereka justru amat aktif.

Bermain bersama si kecil akan mematahkan anggapan anak bahwa orangtua cuma memerintah. Ketika bermain bersama, anak akan menumbuhkan kepercayaan dan kasih sayang kepada orangtua, begitu juga sebaliknya.

4. Melibatkan anak dalam pekerjaan domestik

Membersihkan rumah bersama anak juga membangun kedekatan. (foto: momfiles)

Jangan ragu melibatkan anak dalam kegiatan domestik. Mencuci kendaraan, menyiram tanaman, atau membersihkan rumah memang harus dilakukan. Bahkan, orangtua bisa memanfaatkan watu bersih-bersih sebagai cara untuk membangun kedekatan. Ajak si kecil untuk melakukan hal-hal sederhana seperti membereskan mainan, mengelap meja, dan menyiram tanaman.

Penting dicatat bahwa orangtua harus fokus pada anak, bukan pada diri sendiri. Jadi jangan malah membentak anak kalau ia melakukan kesalahan saat beres-beres rumah. Jika demikian, berarti kamu masih terlalu fokus pada diri sendiri dan emosimu. Justru kesalahan yang ia buat bisa jadi pembelajaran berharga agar anak terus berkembang.

Selain itu, melibatkan anak untuk mengerjakan urusan domestik mengajarkannya tentang kebersihan dan tanggung jawab. Walaupun anak terkadang sedikit sulit untuk menerima arahan dari orangtua, jangan bosan untuk menjawab pertanyaannya dan tetap sabar.(dwi)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
12.12 Jangan Kalap Belanja karena Harga Rendah
Fun
12.12 Jangan Kalap Belanja karena Harga Rendah

Jangan kalap belanja karena harga murah ya.

FOCUS, Fitur iOS 15 untuk Mute Notifikasi dari Bos
Fun
FOCUS, Fitur iOS 15 untuk Mute Notifikasi dari Bos

Dibuat agar pengguna tidak lagi kerja secara berlebihan

Obat Diabetes Ini Turunkan Berat Badan
Fun
Obat Diabetes Ini Turunkan Berat Badan

Khasiatnya terlihat setelah disuntik sekali seminggu.

4 Film Laga yang Wajib Kalian Tonton di 2021
ShowBiz
4 Film Laga yang Wajib Kalian Tonton di 2021

yuk simak empat film laga yang rilis di tahun depan.

Anak Demam Santai Saja ya
Fun
Anak Demam Santai Saja ya

Kenali tips penanganan yang tepat bila anak demam

Rayakan Halloween Bersama Koleksi Sepatu Ghostbusters x Reebok
Fun
Rayakan Halloween Bersama Koleksi Sepatu Ghostbusters x Reebok

Ghostbusters x Reebok hadir dalam dua koleksi.

Tanda-Tanda Si Dia akan Kembali Bersamamu
Fun
Tanda-Tanda Si Dia akan Kembali Bersamamu

Berharap balikan? Tanda-tanda ini bisa memberimu pencerahan.

Manfaat Membiasakan Anak untuk Berolahraga Sejak Dini
Fun
Manfaat Membiasakan Anak untuk Berolahraga Sejak Dini

Olahraga sangat bermanfaat bagi masa pertumbuhan anak.

Es Tebak Segar Favorit Sajian Berbuka dari Ranah Minang
Kuliner
Es Tebak Segar Favorit Sajian Berbuka dari Ranah Minang

Minuman segar dingin ini sudah menyebar hingga ke Solok, Medan, bahkan hingga Pekanbaru.

Kece Badai, Yuk Berani Gondrong Pakai Gaya Aktor Hollywood
Fashion
Kece Badai, Yuk Berani Gondrong Pakai Gaya Aktor Hollywood

Gaya rambut gondrong aktor Hollywood yang kece. Bisa ditiru nih guys.