Di Ruang Pintar, Anak-Anak Belajar Seasyik Bermain

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 06 September 2023
Di Ruang Pintar, Anak-Anak Belajar Seasyik Bermain
Memberdayakan Ruang Pintar agar anak-anak memiliki akses lebih untuk pendidikan. (Foto: SOS Children's Villages)

DUNIA anak-anak adalah dunia bermain. Belajarnya pun tak jauh-jauh dari dunia ini. Bermain berarti, ya, belajar juga. Atau sebaliknya.

Menyadari kaitan erat dua aktivitas anak-anak ini, PT. Permodalan Nasional Madani atau PNM bekerja sama dengan SOS Children’s Villages menyusun silabus atau pedoman pembelajaran dengan tema “Belajar Seasik Bermain” untuk fasilitas Ruang Pintar PNM.

PNM adalah perusahaan pembiayaan sebagai bagian dari Holding Ultra Mikro, yang mengemban amanah untuk memberdayakan Usaha Ultra Mikro, Mikro, Kecil dan Menengah. Sedangkan SOS Children’s Villages telah lama sohor sebagai organisasi yang memberikan pengasuhan alternatif berbasis keluarga bagi anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orangtua.

Keduanya sepakat memberdayakan Ruang Pintar agar anak-anak memiliki akses lebih untuk pendidikan, dimulai dari akses buku bacaan, buku pelajaran hingga akses internet gratis dengan dibimbing oleh pendamping terlatih.

Baca juga:

Secretlab Titan XXS, Kursi Gaming Mini Khusus untuk Anak-Anak

sos children
PT. Permodalan Nasional Madani atau PNM bekerja sama dengan SOS Children’s Villages menyusun silabus atau pedoman pembelajaran dengan tema “Belajar Seasik Bermain”. (Foto: SOS Children's Villages)

Fasilitas Ruang Pintar boleh diakses oleh siapapun. Hingga saat ini Ruang Pintar PNM sudah tersebar sebanyak 160 titik lokasi di seluruh Indonesia.

"Program 'Belajar Seasik Bermain' merupakan bentuk Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PNM dalam mendukung pendidikan di Indonesia sesuai dengan target capaian pada Sustainable Development Goals nomor 4, yaitu Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua," tulis pernyataan resmi SOS kepada Merahputih.com.

Program “Belajar Seasik Bermain” digelar bertahap tiap bulan selama setahun ke depan. Tim dari SOS Children’s Villages akan melakukan penyampaian materi dan pendampingan kepada tenaga pengajar Ruang Pintar melalui daring (online).

Start program ini bergulir sejak 10 Juli 2023 lalu melalui daring yang diikuti oleh seluruh tenaga pengajar Ruang Pintar dan Pendamping PNM Kantor Cabang. Sedangkan peresmiannya berlangsung pada 18 Agustus 2023.

Mira Damayanti, Kepala Divisi Manajemen dan TJSL PT. Permodalan Nasional Madani juga menuturkan, konsep Ruang Pintar adalah tempat bagi anak untuk bermain dan belajar yang sifatnya informal. Tim SOS membuat materi yang diajarkan menjadi lebih menarik bagi anak-anak.

"Oleh karena itu PNM bekerja sama dengan SOS Children’s Villages dalam hal pembuatan modul bagi para pendamping atau pengajar ruang pintar supaya para pengajar lebih terarah proses pengajarannya. Modul pengajaran yang PNM dan SOS Children’s Villages rancang ini tidak berat dan tentunya membuat proses belajar anak menjadi lebih menyenangkan," tutur Mira.

Silabus atau pedoman pembelajaran dengan tema “Belajar Seasik Bermain” diterapkan agar dapat menjadi acuan yang tepat bagi Ruang Pintar lainnya. Juga memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan yang ingin diraih, yaitu pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia yang dikemas dalam metode yang asik dan menyenangkan.

Baca juga:

Bermuatan Edukasi, 3 Gim ini Cocok untuk Anak-Anak

ruang pintar
Fasilitas Ruang Pintar tersebar di beberapa tempat. (Foto: SOS Children's Villages)

Sumanda Tondang, Director of Fund Development and Communication SOS Children’s Villages, mengatakan bahwa kerja sama ini suatu kehormatan bagi mereka.

"Semoga kerjasama SOS Children’s Villages dan PNM dapat menuai hasil yang baik dan saya juga berharap kedepannya pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak Indonesia dapat menjadi perhatian bagi banyak pihak. Karena melalui pendidikan, anak dapat mengubah takdir hidupnya dan meraih masa depan yang lebih baik,” ujar Tondang.

Fasilitas Ruang Pintar tersebar di beberapa tempat. Antara lain di Cibubur, Jakarta Timur. Serupa lokasi lainnya, Ruang Pintar di SOS Children’s Village Jakarta dilengkapi dengan fasilitas yang dapat menunjang pendidikan anak-anak serta menerapkan pendidikan dengan pembelajaran non formal sesuai dengan silabus “Belajar Seasik Bermain”.

Fasilitas Ruang Pintar di SOS Children’s Village Jakarta diharapkan dapat dipergunakan untuk menunjang kebutuhan minat dan bakat anak-anak yang tidak selalu mereka dapatkan di fasilitas pendidikan formal. (dru)

Baca juga:

Rekomendasi Game PlayStation 5 untuk Anak-Anak

#Anak-anak
Bagikan
Bagikan