Di Pulau ini, Puasa Berlangsung Hampir 24 Jam Ilustrasi Ramadan. (foto: Pixabay/mohamed_hassan)

SEBENTAR lagi muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa Ramadan. Puasa Ramadan setiap harinya dimulai dari waktu subuh hingga magrib tiba. Sepanjang waktu itu, umat Islam menahan haus dan lapar. Bukan perkara mudah lo menahan rasa haus di saat matahari terik bersinar seperti di Indonesia. Meskipun demikian, kamu harus tetap kuat ya.

Secara rata-rata, muslim di seluruh dunia menjalani puasa Ramadan selama 12-15 jam dalam sehari. Namun, di beberapa wilayah, puasa bisa berlangsung jauh lebih lama. Di belahan dunia lain, puasa Ramadan bahkan bisa berlangsung amat singkat. Di mana saja ya, waktu puasa terlama dan tersingkat itu?


Puasa 21 jam

greenland
Di Greenland, puasa berlangsung 21 jam 2 menit. (foto: visitgreenland)

Menahan haus dan lapar selama 21 jam, apakah kamu sanggup? Muslim di Greenland melakukannya. Greenland merupakan pulau terbesar dunia yang terletak di belahan bumi bagian utara. Pulau ini terletak di antara Laut Artik dan Laut Atlantik yang dingin. Itu juga yang membuat suhu udara di pulau ini amat dingin. Suhu rata-rata di ibu kota Greenland, Nuuk, berkisar antara −8 derajat celsius dan 7 derajat celsius. Udara dingin itu membuat sebagian besar wilayah pulau ini tertutup salju dan es.

Meskipun mayoritas penduduk Greenland beragama Kristen Protestan, ada sekitar 0,6% penduduknya yang beragama lain, termasuk Islam. Dengan posisinya yang jauh dari khatulistiwa, jarak terbit dan terbenam Matahari di negara ini amatlah panjang. Jika ditotal, muslim Greenland berpuasa selama 21 jam 2 menit dalam sehari. Mereka mulai berpuasa pada pukul 02.00 hingga terbenam mentari pada pukul 23.00. Dengan waktu berpuasa sepanjang itu, muslim di Greenland hanya punya waktu 3 jam untuk menunaikan ibadah salat magrib, isya, lalu bersiap lagi untuk sahur dan berpuasa.

Di selatan jauh lebih singkat

Australia
Di belahan selatan seperti Australia, puasa hanya 11 jam 35 menit. (foto: pinterest)

Jika waktu berpuasa di belahan utara Bumi amat panjang, waktu puasa di belahan selatan terbilang pendek. Waktu puasa terpendek dialami penduduk muslim di Australia. Muslim di 'Negeri Kanguru' berpuasa hanya 11 jam 35 menit. Hal itu disebabkan posisi Australia yang berada di bagian selatan khatulistiwa.

Australia sendiri tak memiliki agama resmi. Namun, mayoritas masyarakatnya mengaku memeluk Kristen. Selain itu, sebanyak 1,7% dari populasi total Australia memeluk Islam. Bahkan, adanya musim dingin di negara yang terletak di satu benua itu juga membuat puasa di sana makin mudah.


Benua lainnya

Beberapa benua memang punya perbedaan dalam durasi menjalankan puasa. Seperti contoh Benua Amerika yang amat luas. Hal itu membuat negara-negara di sana punya perbedaan waktu. Di Amerika Serikat, muslim akan berpuasa sekitar 16 jam 29 menit.

Sementara itu, Kanada yang juga ada di Benua Amerika memiliki waktu puasa sedikit lebih panjang ketimbang AS, yakni 17 jam 24 menit. Waktu puasa tersingkat di Benua Amerika terjadi di Argentina, yaitu hanya 11 jam 32 menit.

Waktu puasa yang amat panjang umumnya memang dirasakan muslim yang bermukim di Eropa. Seperti contoh, mereka yang berada di Islandia. Waktu puasa di sana ialah 21 jam. Itu hanya 2 menit lebih pendek ketimbang waktu puasa terpanjang di dunia, yakni di Greenland. Sementara itu, muslim Turki berpuasa selama 16 jam 23 menit. Itu merupakan waktu puasa terpendek di Benua Eropa.

Berbeda dengan warga muslim di Benua Eropa, mereka yang ada di Benua Afrika akan menikmati waktu puasa yang rata-rata tidak terlalu panjang. Di Nigeria misalnya. Waktu puasa ialah 13 jam 5 menit. Sementara itu, di Zimbabwe, muslim berpuasa 12 jam 25 menit.

Di Asia yang memiliki mayoritas populasi muslim, waktu puasa amat bervariasi. Benua luas ini membentang dari belahan di bagian timur dan belahan utara Bumi. Tidak mengherankan jika teritori Asia meliputi Asia Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, hingga Asia Barat. Luas bentang Benua Asia itu meliputi negara-negara Timur Tengah, di antaranya Mesir, Iran, Suriah, Saudi Arabia, Yordania, dan Bahrain. Waktu berpuasa di Timur Tengah bervariasi dari yang paling panjang 16 jam 4 menit di Iran hingga yang tersingkat 14 jam 18 menit di Yaman.

Sementara itu, di Asia Tenggara, panjang durasi terpanjang puasa dalam sehari dijalani muslim di Tiongkok. Di 'Negeri Tirai Bambu' itu, muslim menahan haus dan lapat selama 16 jam 4 menit. Sementara itu, waktu puasa tersingkat terjadi di Pulau Keeling, yakni selama 12 jam 47 menit.

Lalu berapakah durasi puasa di Indonesia? Di Tanah Air sendiri, durasi puasa harian ialah 13 jam 2 menit.

Well, berapa pun durasi puasa yang kamu jalani, yang terpenting ialah keikhlasan dan ketaatan dalam menjalaninya ya. Dengan begitu, ibadah kamu jadi berkah.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH