Di Pulau Ini, Prabowo-Sandi  Menang Telak Atas Jokowi-Ma'ruf Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: ANTARA

Merahputih.com - Hasil survei terbaru dari Alvara Research Center (ARC) menyebut pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin kalah di pulai Sumatra. Ia namun, dia semua pulau di Indonesia, ia unggul.

CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali mengatakan di pulau Sumatra Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dengan elektabilitas 46,3 persen.

"Sedangkan Jokowi- Ma’ruf Amin elektabilitasnya 40,2 persen," ujar Hasanuddin dalam keterangannya, Jumat (15/3).

Sementara di Pulau Kalimantan, Jokowi-Ma’ruf unggul 50,7 persen, masih unggul dibandingkan Prabowo Subianto Sandiaga Uno dengan 38,4 persen. Sementara undecided voters 11 persen.

Di Pulau Sulawesi, pasangan Jokowi-Ma’ruf elektabilitasnya 58,1 persen, unggul dibandingkan dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 36 persen dengan undecided voters 5,8 persen.

Kemudian, di Pulau Maluku dan Papua, Jokowi-Ma’ruf elektabilitasnya 54,5 persen, dibanding Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 39,4 persen dengan undecided voters 6,1 persen.

jokowi prabowo
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan (kanan) Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tengah mengundi pertanyaan tema Debat Pilpres Kedua dari penelis. Foto: Merahputih.com / Rizki Fitrianto

Di Pulau Jawa, pasangan Jokowi-Ma’ruf elektabilitasnya 58 persen, yakni unggul dibandingkan dengan Prabowo-Sandi hanya 29,4 persen.

"Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, pasangan Jokowi-Ma’ruf 60,6 persen, yakni unggul dibandingkan dengan Prabowo-Sandiaga Uno 36,4 persen serta undecided voters 3 persen," jelas Hasanuddin.

Dari pendekatan soliditas pemilih, yaitu pemilih yang tidak mungkin berubah, menurut Hasan, soliditas pemilih Jokowi-KH Ma’ruf Amin saat ini ada sebanyak 80,7 persen, ini lebih besar dibandingkan pemilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yakni 78,2 persen

Riset menggunakan multistage random sampling dengan mewawancara 1.201 responden yang berusia 17 tahun ke atas dan memiliki hak pilih. Rentang margin of error sebesar 2,88 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH