Di Pilkada Serentak Tahun 2018, Jawa Tengah yang Paling Seru Maskot Pilgub Jateng 2018 (Foto: kpud.jateng.go.id)

MerahPutih.Com - Pilkada Serentak tahun 2018 memang sangat menyita perhatian. Apalagi di tahun lalu sempat terjadi geger di daerah Jakarta. Bisa dikatakan Pilkada di Jakarta tahun lalu merupakan perhelatan pilkada yang paling panas di sepanjang sejarah Indonesia. Bahkan, media asing pun tak pernah berhenti mengikuti perkembangan tersebut.

Bagaimana dengan Pilkada tahun 2018 ini? Banyak pengamat politik yang tidak melihat hal yang sama terjadi di tahun ini. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat masyarakat terus membicarakan tentang hal ini. Bahkan, di warung kopi sekalipun, rakyat yang bisa dikatakan nol dalam hal politik mulai memperbincangkannya.

Apalagi untuk Pilkada Daerah Jawa Tengah. Ada dua calon yang sangat kuat. Belum lagi dengan calon bupati di beberapa kabupaten di Jawa Tengah. Jawa Tengah memiliki wilayah dan jumlah rakyat yang sangat banyak. Banyak yang menganggap ini pertarungan partai untuk mempersiapkan Pilpres. Jika menang di Jawa Tengah, berarti ada harapan yang tinggi untuk memang di Pilpres tahun depan.

Pilkada serentak memasuki gelombang ketiga. Dimulai di tahun 2015, 2017 dan 2018 yang akan berlangsung di bulan Juni mendatang. Jawa Tengah sendiri mengikuti pilkada ini dengan menempatkan 8 kawasan.

Delapan kawasan ini terbagi menjadi 7 kabupaten dan 1 provinsi. Yakni menempatkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di provinsi Semarang. Siapakah pasangan calon yang resmi terdaftar di beberapa kota ini?

Berikut Serba Serbi Pilkada Serentak di Jawa Tengah

Dukungan untuk Paslon Ganjar-Gus Yasin

Ganjar Pranowo bersama Megawati Soekarnoputri. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Nomor Urut Calon Gubernur dan Wagub Semarang 2018

Di tingkat provinsi, pemilihan Gubernur Semarang akan dilaksanakan secara serempak. Pencoblosan akan dimulai di bulan Juni mendatang. Pencoblosan ini akan dilakukan di kabupaten yang dinaungi oleh provinsi tersebut.

Jadwal pemilihan ini mengikuti pilkada serentak yang diagendakan pada 27 Juni 2018. Pasangan yang berhak untuk mendaftarkan adalah pasangan yang didukung oleh partai politik yang memiliki setidaknya 20 kursi. Tentunya yang mengajukan kandidat sebagai calon Gubernur.

Sementara partai politik yang memiliki kurang dari 20 kursi di jajaran pemerintahan tidak bisa mengajukan pasangan. Pengecualiannya adalah jika pasangan calon didukung oleh partai politik lainnya untuk menguatkannya.

Tanggal 12 Februari 2018 menjadi awal penetapan pasangan calon. Penetapan ini menempatkan urutan dari dua paslon yang akan bertarung untuk menjadi orang nomor satu di provinsi Semarang. Paslon tersebut adalah Ganjar Pranowo Yasin Maimoen dan Sudirman Said Ida Fauziah.

Di tanggal yang sama, kedua paslon tersebut mengikuti undian nomor urut pencoblosan. Pertama dilakukan oleh paslon Sudirman Said dan Ida Fauziah. Karena paslon ini datang lebih awal sesuai buku tamu. Kedua kalinya dilakukan oleh Ganjar Pranowo dan Yasin Maimoen.

Dari pengundian ini didapatkan jika nomor urut pertama ditempati oleh pasangan Ganjar dan Yasin. Sementara urutan kedua ditempati oleh paslon Sudirman dan Ida.

Kedua paslon tersebut akan bertarung memperebutkan kursi pemerintahan dalam pilkada serentak mendatang. Paslon Ganjar Yasin didukung oleh PDI-P, DeMOKRAT, Nasdem, PPP, dan Golkar. Setidaknya, memiliki kursi sebanyak 58 di DPRD.

Sementara paslon Sudirman Ida diusung oleh 4 parpol besar. Diantaranya adalah PKS, PAN, PKB dan Gerindra. Kursi yang dimiliki di DPRD sebesar 42 kursi.

Sudirman Said dan Ida Fuaziah

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendeklarasikan dukungan untuk paslon Sudirman Said-Ida Fauziah maju dalam Pilgub Jateng. (MP/Ponco Sulaksono)

Nomor Urut Paslon Bupati Banyumas 2018

Kabupaten Banyumas juga mengikuti pilkada secara serentak di tahun 2018 ini. Paslon yang mengikutinya hanya dua pasangan. Dan telah mengikuti pengundian nomor urut untuk proses pencoblosan pada Juni mendatang.

Nomor urut pertama ditempati oleh paslon Mardjoko-Irfan. Sementara nomor urut kedua ditempati oleh paslon Achmad Husein-Sadewo. Setelah mengikuti pengundian ini, kedua pasangan sama-sama diberikan kesempatan untuk memberikan kata-kata sambutan.

Nomor Urut Paslon Bupati Temanggung 2018

Pemilihan Bupati akan resmi dilakukan di tahun 2018. Pilbup ini akan diikuti oleh 3 pasangan calon yang akan bertarung secara sehat. Diantaranya adalah paslon Bambang Sukarno dan Matoha, Haryo Dewandono dan Irawan Prasetyadi, serta Al Khadziq dan Heri Ibnu Wibowo.

Pengambilan nomor undian telah dilakukan. Hasilnya pasangan Bambang Sukarno dan Matoha menempati urutan pertama. Sementara urutan kedua ditempati oleh paslon Haryo Dewandono dan Irawan Prasetyadi. Sedangkan urutan ketiga ditempati oleh Alkhadziq dan Heri Ibnu Wibowo.

Nomor Urut Paslon Bupati Kudus 2018

Ada sekitar 5 paslon yang akan mengikuti Pilbup Kudus 2018 mendatang. Paslon tersebut sudah ditetapkan nomer urutnya dan bersiap untuk bertarung dalam pilkada serentak bulan Juni.

Paslon ini siap memperebutkan kursi kepemimpinan di Kabupaten Kudus. Untuk urutannya dan partai pengusungnya bisa dilihat di bawah.

Paslon Masan dan Noor Yasin (PDIP, PAN, Demokrat dan Golkar)

Paslon Nor Hartoyo dan Junaidi (jalur perseorangan)

Paslon Sri Hartini dan Setia Budi Wibowo (PKS, PBB dan Gerindra)

Paslon Akhwan dan Hadi Sucipto (jalur perseorangan)

Paslon Muhammad Tamzil dan Hartopo (PKB, PPP, Hanura)

Calon Gerindra Sudirman Said bersama Prabowo dan Anies Baswedan

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto diapit Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Cagub Jateng Sudirman Said (Foto Ist)

Nomor Urut Paslon Bupati Karanganyar 2018

Pilkada serentak juga akan diikuti oleh Kabupaten Karangayar Jawa Tengah. Pilbup ini menetapkan dua pasangan calon. Paslon tersebut adalah Rohadi Widodo dan Ida Retno Wahyuningsih, serta Juliyatmono dan Rober Christanto.

Ada pemandangan unik dari proses pengambilan undian nomer urut di kabupaten ini. Paslon Rohadi dan Ida datang ke kantor wakil rakyat dengan menaiki traktor. Sementara paslon Juliyatmono dan Rober datang dengan naik sepeda.

Pengambilan undian menempatkan Rohadi dan Ida di urutan pertama. Sementara urutan kedua ditempati oleh Juliyatmono dan Rober.

Nomor Urut Paslon Bupati Magelang 2018

Kabupaten selanjutnya yang akan menyelenggarakan pilbup adalah Kabupaten Magelang. Ada dua calon yang akan siap bertarung. Paslon tersebut adalah Zaenal Arifin dan Edy Cahyana serta Zaenal Arifin dan Rohadi Paratoto.

Sebelum melakukan pengundian, acara dimulai dengan pentas tari tradisional. Ini untuk menyemarakkan proses acara.

Dari proses pengundian ditetapkanlah urutan calon pilbup Magelang. Urutan pertama ditempati oleh Zaenal Arifin dan Edy Cahyana. Sementara urutan kedua ditempati oleh Zaenal Arifin dan Rohadi Pratoto.

Ganjar Pranowo dan Gus Yasin bersama partai pengusung
Ganjar Pranowo dan Yus Yasin bersama pengurus Nasdem (Foto: NasdemJateng)

Nomor Urut Paslon Walikota Dan Bupati Tegal 2018

Tegal sendiri akan menyemarakkan pilkada serentak tahun 2018 ini. Yakni dengan menyelenggarakan pemilihan untuk walikota dan bupati. Walikota ini diikuti oleh 5 pasangan calon, dan bupati diikuti 3 paslon. Inilah urutan dari hasil pengundiannya.

Urutan walikota dan wakil walikota Tegal 2018.

HM Nursholeh dan Wartono (Golkar dan Hanura)

A Gautshun dan Muslih Dahlan (jalur perseorangan)

Dedy Yon dan Jumadi (Demokrat, Gerindra, PAN, PKS dan PPP)

Habib Ali dan Tanty Prasetyoningrum (PKB dan Nasdem)

Herujito dan Sugono (PDIP)

Urutan paslon Bupati Tegal 2018.

Rusbandi-Fatkhudin (Golkar, PPP)

Haron Bagas-Drajat (PDIP, Nasdem, Demokrat)

Enthus Susmono-Umi Azizah (PKB, Gerindra, PKS, PAN, Hanura)

Demikianlah urutan nomor dari paslon yang sudah ditetapkan beberapa hari lalu. Masing-masing calon akan memulai kampanye dan bertarung dalam pilkada serentak tahun 2018 ini di beberapa daerah.(*)

*Artikel ini diolah merahputih.com dari berbagai sumber



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH