Kesehatan

Di Pagi Hari, Pilih Mana: Sarapan atau Mandi Dulu?

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 29 Desember 2020
Di Pagi Hari, Pilih Mana: Sarapan atau Mandi Dulu?
Pilihan sulit di pagi hari: mandi atau sarapan dulu?(foto: unsplash/bruce mars)

SELAIN bangun dari tempat tidur, di pagi hari, kamu pasti dihadapkan pada pilihan sulit: makan dulu atau mandi dulu?

Beberapa memilih mandi dulu biar segar. Sebagian lainnya memilih mengisi perut dulu. Meski pilihan mana pun sama-sama bermanfaat, mana sih pilihan yang lebih baik untuk dilakukan setelah bangun di pagi hari?

BACA JUGA:

3 Makanan yang Bisa Melindungi Kita Dari COVID-19 Menurut Ilmuwan

Seperti dilansir Hellosehat, sarapan merupakan bagian terpenting dari rutinitas pagi. Dengan makan pagi, kamu bisa mendapat energi optimal untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, sarapan juga dapat mengisi kembali cadangan energi yang terpakai saat tidur.

Sarapan secara rutin bahkan memberikan manfaat yang lebih banyak lagi, misalnya meningkatkan level energi, meningkatkan penyerapan nutrisi, menjaga kadar gula darah, dan mencegah kamu makan lebih banyak pada sisa hari tersebut.

Tanpa sarapan, tubuh kamu berganti mode untuk menghemat energi. Proses itu akan menurunkan kinerja otak dan dapat memengaruhi performa kerja. Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, perhatian, daya ingat, dan kecerdasan secara keseluruhan.

Jadi apakah langsung sarapan merupakan pilihan yang lebih baik?

breakfast
Sarapan akan memberi energi untuk tubuh. (foto: pixabay/ritaE)

Jawabannya kembali ke kebutuhan tubuhmu. Bagi orang-orang yang dengan kegiatan yang banyak menghabiskan energi, makan pagi terlebih dulu mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Kendati demikian, waktu ideal untuk sarapan ialah 1 jam setelah bangun. Lewat dari batas tersebut, kemungkinan untuk makan berlebihan sepanjang sisa hari tersebut menjadi lebih besar.

Pastikan kamu memilih makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang telah melalui proses pengolahan atau tinggi gula seperti pastry, sereal manis, dan donat.

Jika sarapan dulu lebih baik bagi mereka dengan kegiatan yang banyak menghabiskan energi, bagaimana dengan memilih mandi terlebih dahulu?

mandi
Mandi akan mengaktifkan otak. (foto: unsplash/seth doyle)

Faktanya nih, selain membersihkan kotoran dan keringat pada tubuh, mandi ternyata akan memberikan informasi pada otak untuk segera memulai hari.

Otak merupakan pengatur jam biologis tubuhmu. Jika kamu terbiasa mandi pada pagi hari, otak akan mengartikan hal itu sebagai tanda bahwa pagi hari telah tiba. Otak menjadi lebih sigap, begitupun dengan seluruh tubuh dan indra.

Itulah mengapa saat dihadapkan pada pilihan untuk makan atau mandi dulu setelah bangun tidur, banyak orang memilih mandi. Efek menyegarkan yang ditimbulkan lebih besar ketimbang makan.

Meski demikian, kamu perlu cermat mengatur suhu air. Alih-alih memberikan rasa segar, mandi dengan air hangat justru membuat tubuh rileks sehingga bisa kembali mengantuk. Agar tubuh tetap segar, cobalah untuk membilas tubuh dengan air suam-suam kuku setelah mandi air hangat.

Perhatikan juga waktu yang tepat jika ingin memulai rutinitas pagi dengan mandi. Hindari langsung beranjak untuk mandi begitu membuka mata pada pagi hari. Bangun secara mendadak bisa menyebabkan kondisi yang disebut hipotensi ortostatik.

Hipotensi ortostatik adalah tekanan darah rendah yang dipicu perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba, misalnya dari berbaring menjadi berdiri. Kondisi itu dapat mengakibatkan sakit kepala, stroke, dan kematian pada kasus yang parah.

Jadi makan atau mandi dulu, pilihannya tergantung rutinitas dan kebutuhanmu. Makan akan memberikan energi bagi tubuh, sedangkan mandi akan menyegarkan tubuh dan pikiran sehingga lebih bersemangat menjalani aktivitas.(dwi)

BACA JUGA:

Orang Tak Bisa Dipercaya Punya 3 Kebiasaan Menyeramkan

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan