Di Lima Tempat ini Kamu Tidak Boleh Memotret atau Kena Sanksi Beberapa tempat yang tidak memperbolehkan kamu memotret (Foto: pixabay-SplitShire)

KALAU lagi di tempat wisata, kita pastinya bakal foto-foto. Selain untuk mengabadikan momen, kita pasti mau menunggahnya di Instagram. Namun di beberapa tempat wisata ini, kamu dilarang memotret lo.

Aneh banget ya? Dilansir dari qubicle.id, ini dia lima tempat yang melarang kamu memotret atau mengambil foto:

1. Menara Eiffel, Paris

foto menara eiffel malam hari
Eiffel Tower pada malam hari tidak boleh difoto (Foto Instagram@luxury.ladies)

Lo Menara Eiffel bukannya boleh dipotret ya? Banyak kok yang foto di sana. Nah teryata menara Eiffel boleh difoto asalkan lampu menaranya belum menyala.

Pihak otoritas Paris menyatakan kalau lampu yang menghiasi Menara Eiffel pada malam hari itu masih memiliki hak cipta.

Jadi kalau ada yang memotretya pada malam hari tanpa ijin SociÈtÈ díExploitation de la Tour Eiffel, maka orang tersebut akan dikenakan sanksi.

Wah, mungkin ini alasan enggak banyak foto Menara Eiffel di malam hari.

2. Korea Utara

Foto Korea Utara
Di Korea Utara, kamu tidak boleh sembarangan memotret (foto Instagram@owtravel_).


Kalau dilarang foto di Korea Utara sih mungkin sudah enggak aneh lagi ya. Negara yang menganut paham komunis ini memang ketat banget masalah privasi yang terjadi di negara tersebut.

Sebenarnya kita boleh berfoto, tapi itu pun benar-benar di lokasi yang terbatas. Di sana, kamu enggak bisa foto sembarangan karena dijagain bodyguard yang memastikan kamu tidak akan melakukan hal-hal aneh di Korea Selatan.

Jadi lebih baik kamu mengikuti peraturan deh, daripada dipenjara atau malah ditembak.

3. Baduy Dalam

foto desa baduy dalam
Masyarakat Baduy Dalam menolak adanya alat elektronik (Foto Instagram@tanatastory)


Di Indonesia juga ada daerah yang melarang kamu untuk mengambil foto, salah satunya di Baduy Dalam. Suku yang berada di Banten ini sangat tertutup dengan dunia luar.

Jangankan foto, menyalakan barang-barang elektronik saja tidak diperbolehkan. Hal ini dilakukan oleh suku Baduy Dalam untuk menjaga kelestarian sukunya dari modernisasi dunia luar.

Katanya sih kalau melanggar bisa dikenakan denda Rp 5-6 juta atau kena sanksi "mistis" dari daerah tersebut.

4. Kastil Neuschwanstein, Jerman

neuschwanstein castle
Kastil mirip lambang Disney ini tidak boleh sembarang difoto (Foto: traveler.com.au)


Banyak tempat wisata di Jerman yang indah dan bagus seperti Kastil Neuschwanstein. Walaupun namanya memang enggak terlalu familiar, tapi bentuknya mirip lo sama kastilnya Disney.

Kastil ini dulu pernah digunakan oleh Raja Jerman sebagai tempat mengasingkan diri. Tapi sayang sekali istana seindah ini tidak boleh diambil gambarnya atau difoto oleh wisatawan.

5. Desa Bergun, Swiss

desa bergun swiss
Desa Bergun di Swiss tidak boleh difoto untuk menghindari iri hati (foto: news.com.au)


Alasan kenapa kita enggak boleh foto di desa ini sebenarnya sangat lucu. Ternyata pemerintah setempat membuat peraturan ini agar orang yang melihat hasil-hasil foto tersebut tidak depresi karena tidak ada di sana.

Kalau masih nekat mau foto-foto Desa Bergun, akan ada sanksinya yaitu membayar 5 pound atau sekitar Rp90.000 untuk setiap fotonya.

Memangnya sebagus apa ya desa ini sampai dibuat peraturan tersebut? (sam)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya