Di Kalsel Jokowi Gelorakan Semangat 'Waja Sampai Kaputing' Jokowi saat kampanye. (Instagram/@jokowi)

MerahPutih.com - Calon Presiden RI Nomor Urut 01, Joko Widodo menghadiri Kampanye Akbar di Stadion 17 Mei Banjarmasin, di hadapan ribuan massa pendukung yang memenuhi stadion, Jokowi menggelorakan semangat "Waja Sampai Kaputing" yang merupakan semboyan rakyat Kalimantan Selatan yang berarti "tetap bersemangat dan kuat bagaikan baja dari awal sampai akhir".

"Kita akan terus bekerja dan berjuang dengan semangat sekuat baja," ucap Jokowi seperti dilansir Antara, Rabu (27/3).

Ia mengatakan, dengan semangat tersebut, diingatkan agar masyarakat bisa meyakinkan hati memilih pemimpin yang benar-benar bisa bekerja dan berbuat untuk rakyat.

Jokowi saat kampanye. (Instagram/@jokowi)
Jokowi saat kampanye. (Instagram/@jokowi)

"Saya ingatkan tanggal 17 April 2019, tinggal 22 hari lagi. Jadi hati-hati jangan sampai masyarakat termakan isu-isu tidak benar dan fitnah," katanya.

Jokowi pun menyinggung soal maraknya beredar berita bohong alias hoaks baik di media sosial ataupun yang disebar secara langsung dari mulut ke mulut.

"Masa dikatakan jika Jokowi terpilih maka adzan dilarang, perkawinan sejenis dilegalkan. Itu semua fitnah tidak benar. Insya Allah jika Allah SWT mengizinkan, wakil presiden saya ulama besar KH Ma'ruf Amin. Ini bentuk penghormatan saya kepada seorang tokoh agama yang tidak diragukan lagi kontibusinya untuk bangsa," paparnya.

Secara khusus Jokowi yang juga Presiden RI itu menjanjikan pembangunan kereta api Trans Kalimantan dan juga jalan tol Banjarbaru ke Batulicin seperti keinginan masyarakat Banua Kalimantan Selatan yang sudah lama diimpikan.

"Segera kita kaji untuk bisa merealisasikan pembangunannya. Jika memang memungkinkan, langsung kita kerjakan secepatnya," katanya.

Pada kesempatan itu, mantan Wali Kota Solo itu kembali mengungkapkan tiga program unggulannya yang dibalut dalam Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah, Kartu Pra-Kerja dan Kartu Sembako.

Terobosan itu membantu biaya kuliah dan juga pelatihan vokasi untuk para pencari kerja ini sangat berpihak generasi muda yang kerap disebut kelompok milenial.

KIP Kuliah merupakan lanjutan program pelajar wajib belajar 12 tahun. Jokowi menambahkan program ini pemberian bantuan pembiayaan bagi mereka yang hendak melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Sedangkan bagi mereka pencari kerja, melalui Kartu Pra-Kerja, pemuda pengangguran yang belum memiliki skill dan keterampilan di dunia kerja akan dilatih dan dibina agar lebih mumpuni.

Sementara Kartu Sembako diperuntukkan bagi rakyat berpenghasilan rendah agar memiliki keterjangkauan untuk membeli sembako dengan harga lebih murah.

Pada kampanye akbar itu Jokowi tiba di stadion sekitar pukul 16.10 WITA. Selama satu jam, calon presiden petahana yang dikenal sederhana dan merakyat itu menyapa para pendukung yang telah memenuhi stadion sejak pukul 12.00 WITA.

Dalam kampanye terbuka itu, hadir sejumlah tokoh nasional yang tergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) dan Tim Kampanye Daerah (TKD). Seperti Ketua TKN Erick Thohir dan anggota Mardani H Maming.

Kemudian Rudy Ariffin bersama sejumlah jajaran di TKD Kalsel, termasuk H Sahbirin Noor yang merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kalsel.

Kehadiran calon presiden petahana di Bumi Antasari untuk melakukan kampanye terbuka memang disambut antusias masyarakat Banua Kalimantan Selatan.

Hujan yang mengguyur pun tak menyurutkan semangat massa untuk berbondong-bondong datang. Warga yang datang tidak hanya dari Banjarmasin dan sekitarnya, namun banyak juga yang berasal dari sejumlah kabupaten di Kalimantan Selatan.

Massa yang hadir pun dihibur sejumlah artis ternama Ibu Kota Jakarta, seperti grup band Radja, Republik, dan Inul Daratista.

Jokowi saat kampanye. (Instagram/@jokowi)
Jokowi dan Istri. (Instagram/@jokowi)

Usai kampanye terbuka di stadion terbesar di Kota Banjarmasin itu, Jokowi yang didampingi istri Hj Iriana Jokowi, langsung menuju Taher Square menyapa generasi milenial dalam acara bertajuk "Kopdar with Jokowi" yang digagas Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Kalsel dan Enam Sembilan Production.

Situasi keamanan hingga berakhirnya acara kampanye berjalan kondusif. Dansub Satgas Pengamanan Stadion 17 Mei Banjarmasin Letkol Inf Nopid Arif nampak sigap memimpin pasukan membackup Paspampres. Sedangkan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel Kombes Pol Sofyan Hidayat memimpin pengamanan di Ring 3 areal luar stadion dan Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto mengomando pengawalan jalur yang dilalui kendaraan rombongan Jokowi.

Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden diikuti dua pasangan yang akan bertarung pada 17 April 2019, yaitu Pasangan Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Pasangan Nomor Urut 02 Prabowo Sunianto-Sandiaga Uno. (*)

Baca Juga: Ngopi Bareng Kaum Millennial, Jokowi Kisahkan Jalan Terjal Hidupnya



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH