Di Kalangan Militer, Gatot Lebih Populer Dibandingkan Prabowo Prabowo Subianto dan Gatot Nurmantyo(ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Hasil survei The Initiative Institute (TII) yang digelar awal Juli 2018 menemukan hasil yang cukup mengejutkan. Gatot Nurmantyo lebih diunggulkan dari pada Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto berdasarkan kelayakan Capres 2019.

Berdasarkan pertanyaan yang diajukan, 'siapakah tokoh yang layak menjadi calon presiden periode 2019-2024?' responden lebih memilih mantan Panglima TNI tersebut.

"Joko Widodo 77,8%, Gatot Nurmantyo 63,0%, Mahfud MD 62,0% dan Prabowo Subianto 61,5%," ujar Direktur Eksekutif TII Airlangga Pribadi saat merilis hasil surveinya "What The Elites Want?" Jelang Pilpres 2019 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/7).

Mantan Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (ke tiga kiri) berjalan bersama sejumlah tokoh masyarakat (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Dari hasil tersebut, kata Airlangga, membuktikan bahwa nama Gatot Nurmantyo lebih memiliki daya jual tinggi ketimbang Prabowo khususnya di kalangan militer.

"Di kalangan publik Gatot lebih layak dibanding Prabowo, khususnya tokoh di kalangan militer," terang dia.

Di samping itu, hasil ini juga menunjukan ada fenomena baru, fenomena jaman now yang menginginkan perubahan era.

"Menurut saya ini merupakan fenomena yang sudah saatnya di era zaman now, artinya adalah publik melihat bahwa generasi yang sudah lama seperti Prabowo, Mega, Amin Rais, tidak mendapat porsi yang tinggi," lanjutnya.

Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. (Setkab.go.id/Humas/Jay)

Sebelumnya, TII menggelar riset pada 10-15 Juli 2018 terhadap 177 responden yang terdiri dari kalangan akademisi, jurnalis, NGO, ormas kepemudaan dan profesional.

Menggunakan metode purposive sampling, responden adalah mereka yang memiliki informasi cukup baik tentang kebijakan dan karakteristik tokoh yang tersebar di tujuh kota besar di Indonesia. (Fdi)

Baca juga: Survei TII: Jokowi Makin Unggul, Gatot Nurmantyo Salip Prabowo



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH