Di Jawa Timur, Penambahan Kasus Corona Jauh lebih Banyak Ketimbang Sembuh Petugas medis mengambil sampel penumpang KRL Commuter Line saat tes swab di Stasiun Bogor. (ANTARA/Arif Firmansyah/dok)

Merahputih.com - Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, menyebutkan lima provinsi yang melaporkan penambahan kasus positif per Senin (29/6) ini.

“Jawa Timur hari ini melaporkan 297 kasus baru, namun juga melaporkan 171 kasus sembuh,” kata Yurianto dalam konferensi pers di akun Youtube BNPB, Senin, (29/6)

Provinsi tertinggi setelahnya adalah Jawa Tengah yang melaporkan penambahan kasus baru sebanyak 198 orang, dan 43 orang sembuh. Sulawesi Selatan memiliki penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 188 orang, dan 52 orang sembuh.

Baca Juga:

Anies Tinjau Persiapan Protokol Kesehatan di Tempat Wisata Ancol

DKI Jakarta berada di urutan keempat dengan 125 kasus baru, dan 253 orang sembuh. Provinsi terakhir adalah Kalimantan Tengah dengan 47 kasus positif baru, dan 49 orang sembuh.

Yurianto mengatakan, ada 21 provinsi yang melaporkan kasus baru di bawah 10 orang, dan ada 13 provinsi nihil kasus baru. “Bahkan melaporkan kasus sembuh lebih banyak,” katanya.

Warga antri menjalani tes cepat yang dilaksanakan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas COVID-19 (Foto: ANTARA/sarjono)
Warga antri menjalani tes cepat yang dilaksanakan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas COVID-19 (Foto: ANTARA/sarjono)

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ini juga mengatakan, kasus sembuh dari COVID-19 di Indonesia menjadi 23.800.

"Kalau kita kaji terkait dengan data sembuh, maka angka rata-rata dunia, kasus sembuh adalah 54,15 persen. Memang angka nasional kita masih di bawahnya yaitu 41,48 persen," kata Yuri.

Apabila mengacu pada angka rata-rata dunia, terdapat 18 provinsi di Indonesia yang angka kesembuhannya di atas rata-rata angka kesembuhan di dunia.

Baca Juga:

Korsel Ungkap Tempat Paling Rawan Penyebaran COVID-19

"Bahkan ada lima provinsi dengan angka kesembuhan di atas 80 persen. Di antaranya adalah Bangka Belitung, Yogyakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Gorontalo," kata Yuri.

Sementara itu, untuk kasus positif pada hari ini bertambah 1.082 menjadi 55.092 dan kasus meninggal dunia bertambah 51 menjadi 2.805. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH