Di Hadapan Pelajar, Menkominfo Ungkap Makna Pahlawan Kekinian

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 10 November 2017
Di Hadapan Pelajar, Menkominfo Ungkap Makna Pahlawan Kekinian
Menkominfo Rudiantara. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

MerahPutih.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dihadapan ratusan pelajar menyampaikan, untuk menjadi pahlawan kekinian itu sederhana dan berbeda dengan era perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan dulu.

"Pahlawan saat ini sederhana setidaknya kalau melakukan registrasi prabayar, itu sudah ciri-ciri jadi pahlawan saat ini, tidak ikut-ikutan menyebarkan hoax, bahkan memerangi hoax itu pahlawan. Jadi pahlawan itu tidak harus berjuang dengan bambu runcing," kata Menkominfo seperti yang dikutip dari Antara di Jakarta, Jumat (10/11).

Menkominfo mengatakan, Hari Pahlawan yang diperingati setiap tahun memiliki benang merah semangat melepaskan diri dari kungkungan yang negatif.

Menurutnya, pahlawan tahun 45 tentu berbeda dengan pahlawan sekarang. Begitu pula persepsi tentang pahlawan dari generasi kini dan generasi sebelumnya.

Bila sebelumnya, pahlawan identik dengan era perjuangan untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan, kini hal tersebut telah berubah.

Tidak hanya mereka yang ada di masa perjuangan kemerdekaan yang dianggap pahlawan, para idola yang dinilai sukses dari berbagai profesi bisa menjadi pahlawan bagi generasi kini.

"Kalau seperti sekarang bagi anak muda yang namanya pahlawan itu yang penting benang merahnya adalah semangat membuat sesuatu berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat memberi nilai tambah bagi masyarakat," kata Menkominfo.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan 'Heroes Movement' tersebut untuk menggugah anak-anak muda mempunyai jiwa kepahlawanan dengan menelusuri jejak para pahlawan.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari 10-11 November di Citos, Jakarta tersebut, diisi dengan pemutaran film kepahlawan Soekarno, Jendral Soedirman, dan RA Kartini.

Pada hari pertama tersebut, ratusan murid SMK dan SMU berkumpul. Terdapat satu panggung yang digunakan untuk menampilkan pertunjukkan dan sebuah tenda yang mampu menampung sekitar 30-an siswa untuk menonton film bertema kepahlawanan. (*)

#Hari Pahlawan #Menkominfo #Rudiantara
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan