Di Hadapan Ketua Umum Partai Koalisi, Megawati Minta Puan Jadi Ketua DPR Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato dalam Kongres V PDIP di Bali (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan bahwa Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menjadi caleg dengan perolehan suara terbesar di Pileg 2019.

Ia tegas memberitahukan kepada Golkar dan PPP tentang Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

Baca Juga: Bersalaman dengan Prabowo, Begini Perasaan Ahok

Megawati lalu menyapa Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Dia mengingatkan soal UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: antaranews)

Untuk diketahui, UU MD3 Pasal 427D poin b menyatakan Ketua DPR ialah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPR.

"Pak Airlangga, itu yang baju ijo noh, juga, jangan itu lagi mblenjani loh, MD3 loh. Ini dilihat sama anak-anakku. Zaman dulu kita dikibulin terus," kata Megawati di Bali, Kamis (8/8).

Megawati meminta dukungan agar Puan bisa mendapat 50 ribu suara. Hasilnya, Puan memang berhasil memperoleh suara terbanyak di Pemilu 2019 dengan 420 ribu suara.

Megawati menyalami para tamu dan peserta Kongres V PDIP
Megawati Soekarnoputri menyalami para tamu dan peserta Kongres V PDIP di Bali (Foto: antaranews)

Baca Juga: Sinyal Politik di Balik Kehadiran Prabowo di Kongres PDIP

Seperti diketahui, Puan diplot untuk menempati posisi Ketua DPR. Hal itu dimungkinkan jika partai koalisi, termasuk Partai Golkar, menepati janji untuk mendukung Puan.

Pidato politik Megawati pada pembukaan Kongres V PDIP diwarnai banyak seloroh sehingga suasana terkesan cair. Padahal, materi gurauan yang disampaikan Megawati menyentuh masalah politik seperti kesalnya Megawati saat Gerindra memindahkan markas pemenangan Pemilu ke Jawa Tengah hingga ke soal posisi di legislatif dan jatah menteri yang diinginkannya.(Knu)

Baca Juga: Jokowi Kasih PDIP 4 Kursi Menteri, Megawati: Emoh, Tidak Mau



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH