Di Forum KTT U20, Anies Klaim Jakarta sebagai Kota Persatuan

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 30 Agustus 2022
Di Forum KTT U20, Anies Klaim Jakarta sebagai Kota Persatuan
KTT U20 Mayors Summit di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Senin (30/8). (Foto: Humas Pemprov DKI)

MerahPutih.com - Jakarta diklaim sebagai kota persatuan, pasalnya beragam kelompok dari berbagai penjuru Indonesia dan dunia bercampur di DKI. Bahkan tidak ada kelompok di Indonesia yang tidak terwakili di ibu kota Jakarta.

"Jakarta ini adalah kota dengan jumlah penduduk 11 juta, tapi tidak ada kelompok di Indonesia yang tidak terwakili di kota ini, jadi kota ini adalah kota yang beragam, juga luar biasa dan ini kota yang di mana persatuan dirasakan oleh semuanya," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat acara KTT U20 Mayors Summit di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Senin (30/8).

Baca Juga:

Ini Alasan Jokowi Pilih Jabar dan Jakarta Jadi Tuan Rumah KTT U20

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, bahwa dirinya memimpin Jakarta sebagai kota dengan pola kolaborasi. Kolaborasi ini, dilakukan dalam sejumlah program yang ia jalankan hingga tantangan Jakarta sebagai kota urban.

"Kita mengundang setiap orang dan pendekatan di jakarta yang diambil adalah sebagai kota kolaborasi dengan sejumlah partner, baik NGO dan masyarakat. Kita bekerja berkolaborasi untuk mengatasi sejumlah tantangan," papar Anies.

Anies pun bilang, kota merupakan teman berkembangnya masyarakat untuk kemajuan bersama. Maka klaim dia, dari warganya ide-ide kreatif akan tumbuh untuk menghiasi mejuan kota.

Baca Juga:

Anies Undang Delegasi Los Angeles hingga Istanbul di Forum U20

"Jadi kita melihat kota sebagai sebuah kesempatan dari sejumlah fakta yang ada, yang sangat memiliki tantangan. Kota adalah tempat di mana sebuah solusi, tempat bagi masyarakat yang memiliki pendidikan yang tinggi, individu-individu yang kreatif untuk menghadirkan ide-ide baru," ucapnya.

Untuk diketahui, forum U20 Mayors Summit merupakan ruang bagi para pemimpin kota U20 untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang.

U20 tahun ini, dengan Jakarta dan Jawa Barat sebagai tuan rumah, akan berfokus pada isu dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota akibat pandemi COVID-19. Sehingga tema yang diangkat adalah "Kota Pascapandemi". (Asp)

Baca Juga:

U20 Sherpa Meeting, Jakarta Fokus pada 6 Isu Perkotaan Pasca-pandemi

#Gubernur Jakarta #Gubernur DKI Jakarta #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan