Di Era Kenormalan Baru 73 Persen Traveler Memilih Wisata Dalam Negeri Kamu bisa menyaksikan pemandangan 'Negeri Atas Awan' dari Bukit Sikunir (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

SEMENJAK pemerintah menetapkan Indonesia memasui masa kenormalan baru, geliat perkembangan pariwisata perlahan pulih. Hal ini terlihat dari survei yang dilakukan oleh startup marketplace yang bergerak khusus di bidang pariwisata, OpenTripID pada tanggal 1 hingga 15 Juli lalu.

Dalam survei tersebut, sebanyak 1005 orang dari berbagai usia mengisi beberapa pertanyaan yang diberikan di website resmi Open-Trip.id. Hasilnya, sebanyak 73 persen mengaku akan melakukan perjalanan wisata dalam jangka waktu dua bulan ke depan. Sementara sisanya masih belum menentukan apakah melakukan perjalanan atau tidak.

Baca juga:

Pemda DIY Batasi Pembukaan Destinasi Wisata

"Di era ne normal ini minat masyarakat sangat tinggi untuk bisa kembali berwisata. Oleh karena itu OpenTripID memberikan penawaran khusus. Misalnya promo platinum member dari Rp250 ribu menjadi gratis. Promo ini berlaku hingga 30 Agustus 2020 mendatang," kata Founder OpenTripID, Eka Saparingga pada rilis yang diterima Merahputih.com, Kamis (30/7).

Pulau Pahawang (Foto: MP/Shenna)
Pulau Pahawang (Foto: MP/Shenna)

Dari hasil survei tersebut juga diketahui jika banyak orang yang lebih memilih wisata (73 persen) dalam negeri dibandingkan luar negeri (27 persen). Sedangkan untuk tujuan wisata, 51 persen memilih pantai, 30 persen wisata pegunungan, 12 persen wisata kuliner dan 7 persen wisata modern.

"Untuk destinasinya, empat teratas yang dipilih ialah Bromo, Kawah Ijen, Yogyakarta dan Bali," lanjut pria yang disapa Angga itu.

Baca juga:

Pulau Pahawang, Snorkeling, Diving dan Bercanda Bersama Nemo

Sementara untuk transportasi 36 persen memilih menggunakan pesawat dan 12 persen memilih bus. Sedangkan orang yang memilih menggunakan kereta atau kendaraan pribadi memiliki persentase sama yakni 26 persen.

Golden Sunrise Bukit Sikunir Dieng jadi salah satu incaran utama para wisatawan (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)
Golden Sunrise Bukit Sikunir Dieng jadi salah satu incaran utama para wisatawan (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Menariknya, pandemi ini seakan membuat banyak masyarakat sadar akan kesehatan dan kebersihan. Hampir 100 persen (94 persen) sangat pedui terhadap protokol kesehatan selama liburan. sedangkan sisanya mengaku tak tahu.

Soal lama waktu liburan, 57 persen menginginkan liburan selama tiga hari, 17 persen satu atau dua hari dan sisanya lebih dari tiga hari. Kebanyakan mengatakan waktu tiga hari adalah waktu yang pas untuk berwisata.

"Terbukti meski banyak masyarakat ingin berlibur, mereka masih mementingkan kesehatan. Ini juga yang membuat OpenTripID menjamin penerapan protokol kesehatan di setiap perjalanan wisata," tutupnya. (Yni)

Baca juga:

Menjelajah Wisata Kawah Putih di Era New Normal Bersama Travel Trip


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH