Di Depan 3 Bacapres, Jokowi Jamin Netralitas Aparat di Pemilu 2024

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 30 Oktober 2023
Di Depan 3 Bacapres, Jokowi Jamin Netralitas Aparat di Pemilu 2024
Pertemuan Presiden Jokowi dengan 3 bacapres di Istana Negara, Senin (30/10). Foto: Setkab

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu tiga bakal calon presiden (bacapres) yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Istana Negara, Senin (30/10).

Dalam pertemuan itu, bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengatakan bahwa Presiden Jokowi menjamin netralitas aparat saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dia mengatakan Jokowi telah mengumpulkan para Pj Kepala Daerah dan akan mengumpulkan aparat TNI-Polri untuk menegaskan lagi soal netralitas aparat.

"Tadi beliau sampaikan, beliau memang mengumpulkan Penjabat Gubernur, Bupati bahkan akan mengumpulkan TNI-Polisi dan semua aparat-aparat untuk netral," ucap Anies di Istana Negara, Senin (30/10).

Dia mengatakan sikap Jokowi itu adalah hal penting. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meyakini Pemilu akan berlangsung aman dan damai.

"Kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat Pilpres kita besok berjalan aman damai karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap netral, profesional," ucapnya.

Anies menceritakan soal dirinya banyak bertemu orang yang sayang dengan Jokowi. Dia mengakui, orang-orang yang sayang dengan Jokowi itu menitip pesan soal netralitas pihak penyelenggara Pemilu.

"Kami sering bertemu banyak orang-orang yang sayang sama Pak Presiden dan mereka yang sayang ini menitipkan pesan Pak Presiden bisa menjaga netralitas dan menegaskan seluruh aparat untuk menjaga netralitas Pilpres Pemilu," ucap Anies.

Sekedar informasi, Jokowi memulai acara makan bersama dengan menyendok sayur tumis. Lalu ia menawarkan kepada Anies yang duduk di sisi seberang.

Momen keakraban juga terlihat antara bakal capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Ganjar membahas dua makan pokok yang tersaji di atas meja, yaitu nasi putih dan lontong.

"Karena di kampungnya Pak Prabowo di Banyumas itu makannya enggak makan nasi, tetapi pake lontong, kupat," ucap Ganjar.

Mereka makan sambil berbincang di ruangan sekitar 5x5 meter. Jokowi dan tiga bakal capres makan di atas meja bundar berwarna putih.

Meja itu memiliki bagian yang bisa diputar 360 derajat. Di atas meja, tampak beberapa menu makanan, seperti lontong, nasi, rolade ayam, ayam bumbu kecap, dan tahu bacem.

Pertemuan itu dilanjutkan secara tertutup. Pilpres 2024 sudah dimulai. Tiga bakal pasangan capres-cawapres telah mendaftar di KPU.

Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Knu).

#Presiden Joko Widodo #Anies Baswedan #Ganjar Pranowo #Prabowo Subianto
Bagikan
Bagikan