Di Belitung, Pulau Kosong pun Menarik Pemandangan indah di Pulau Leebong (Foto: Website Leebong Island)

Mendaki gunung, menembus hutan, menjejaki pasir, hingga menyelami lautan—siapa pun pasti setuju kalau Indonesia memiliki alam yang luar biasa indah. Euforia masyarakat pun kian meningkat untuk berwisata ke berbagai lokasi di Tanah Air.

Tak terkecuali Pulau Belitung. Satu dari dua pulau utama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ini juga menjadi destinasi prioritas wisatawan. Dulu ramai di akhir pekan, kini Pulau Belitung laris manis setiap hari.

"Transportasi bus dan minibus meningkat. Per hari bisa lima sampai tujuh bus 29 seat, atau sekitar 300-500 orang. Penerbangan juga sudah banyak, 12 flight, sehingga peluang masyarakat untuk datang jadi lebih besar. Bandaranya (Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin -red.) pun sudah internasional, ada penerbangan langsung ke Malaysia," Agus Pahlevi, Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia, menjelaskan.

Jika sebelumnya wisatawan hanya tahu wisata "Laskar Pelangi" dan bahari, sekarang ada banyak wisata baru yang ditawarkan. Mulai dari caving (telusur goa), kayaking, trekking, animals watching, ke kebun lada, air terjun, perbukitan, sampai camping. Bisa pula digabungkan, misalnya wisata "Laskar Pelangi" dan wisata baru tersebut.

Di sekitar Pulau Belitung, ada pulau-pulau lain yang bisa dikunjungi, seperti Pulau Leebong, Pulau Pasir, dan Pulau Bintang. Tapi, hanya Pulau Leebong yang sudah diisi dengan fasilitas lengkap.

"Sebenarnya di utara ada juga yang bisa dikunjungi, misalnya Pulau Mercusuar. Tapi fasilitas di sana masih pinjam punya pemerintah. Pulau-pulau lainnya masih pulau kosong. Baru Leebong saja yang punya fasilitas lengkap, seperti penginapan, rumah kayu, restoran, dan gazebo. Jetski, banana boat, dan sepeda juga ada. Kamar bilas pun banyak dan bersih," ujar Agus.

Saat air surut, wisatawan dapat 'melompat' ke beberapa pulau di sekitar Leebong, seperti Pulau Pasir dan Pulau Bintang. Pemandangan dari kedua pulau tersebut sangat indah. Bermain dengan pasir putih yang lembut, berfoto bersama bintang laut, serta snorkeling dapat menjadi aktivitas alternatif yang wisatawan lakukan di 'pulau kosong' tersebut.

Pulau Bintang dapat dicapai sejauh sepuluh menit dengan perahu dari Pulau Leebong, Pulau Bintang ke Pulau Pasir tiga puluh menit, dan Pulau Pasir ke Pulau Leebong lima belas menit. Namun, pulau-pulau tersebut tidak tampak saat air pasang.

Wisata Belitung masih terus dikembangkan agar dapat mengimbangi harapan wisatawan yang datang berkunjung.

Baca artikel lainnya terkait Pulau Leebong di sini: Rumah Pohon Pulau Leebong Incaran Turis di Belitung.



Irene Gianov

LAINNYA DARI MERAH PUTIH