Di Bawah Kepemimpinan Teddy Sugianto Catur Gajah Sabet Dua Trofi Juara Dunia Ketua Umum Persatuan Xianqqi Catur Gajah Indonesia Teddy Sugianto bersama sang juara Iwan Setiawan SH di Gedung INTI, Jakarta (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Indonesia menyabet dua penghargaan perlombaan kejuaraan dunia olahraga Xiangqi atau Catur Gajah tahun 2019. Atlet yang membawa harum nama Indonesia yakni Iwan Setiawan SH.

Iwan mengangkat trofi pertamanya raih juara tiga kejuaraan dunia di Chengdu, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada 17-22 September 2019, berpasangan dengan GM Xie Jing dari Shanghai.

Baca Juga:

Kejurnas Catur Gajah ke-13 Resmi Dibuka

Kemudian Iwan kembali membanggakan Indonesia dengan merebut juara tiga di Vancouver, Canada dalam 16 World Xiangqi Championship. Waktu pelaksanaan 7-12 Oktober 2019.

Teddy Sugianto bersama juara Xianqqi Iwan Setiawan
Ketua Umum Persatuan Xianqqi atau Catur Gajah Indonesia Teddy Sugianto bersama para pengurus dan trofi juara dunia Xianqqi yang diraih Iwan Setiawan (MP/Asropih)

Iwan menjelaskan, dalam pertandingan Xiangqi di China dirinya diundang oleh pihak panitia untuk ikut perlombaan itu. Terdapat kurang lebih empat belas negara yang ikut serta dalam perlombaan kelas dunia itu.

"Jerman, Rusia, Belarus, Finlandia kalau di Chengdu, termasuk Kamboja, Malaysia, Filipina, dan Australia. Ada 14 negara," kata Iwan kepada merahputih.com di kantor Sekretariat INTI Pusat, MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

Iwan yang juga seorang pegawai di Kementerian Kehutanan ini mengungkapkan, keberhasilam dirinya menyabet kejuaraan Catur Gajah internasional sebanyak dua kali ini karena latihan yang giat tanpa kenal lelah. Tak lupa kerjasama tim menjadi modal utama meraih trofi tersebut.

"Kalau ganda karena kerja sama yang baik gitu, harus klop. Saya pernah ikut ini tiga kali tapi gagal. Karena pasangannya kurang klop, jadi kita ga tau kita main apa," jelas dia.

Menurut dia, olahraga Xiangqi saat ini sudah baik dan berkembang di Indonesia. Apalagi kini olahraga dengan otak tersebut di pimpin oleh Teddy Sugianto. Sebab Teddy tipikal pemimpin yang langsung turun kebawa mendengarkan aspirasi para atlet dan kekurangannya.

"Ya mudah-mudahan saya mengharapka dengan kepemimpinan pak Teddy ini. Karena Asian Games masuk ini 2022 di Hangzhou mudah-mudah kita bisa di terima di KONI dan Xiangqi bisa ikut," jelas Iwan.

Teddy Sugianto bersama Iwan Setiawan
Trofi juara dunia Xianqqi yang diraih Iwan Setiawan SH (MP/Asropih)

Iwan berharap kepada Pemerintah agar lebih memperhatihan lagi olahraga Catur Gajah ini. Ia pun berkeinginan Xiangqi masuk dalam daftar kejuaraan olahraga di KONI agar perhelatan Asian Games 2022 di Hangzhou, China Xiangqi bisa ikut serta mengirimkan atlet.

"Dengan ada perhatian dari negara kita lebih termotivasi terus. Kan sekarang Xiangqi ini kan Asean Games sudah dipertandingkan," jelasnya.

Baca Juga:

134 Atlet se-Bali Ikuti Kejuaraan Xiangqi

Dalam kesempatan yang sama, Teddy menuturkan, pihaknya tengah mengusahakan perlombaan Catur Gajah dihelat di Indonesia pada 2020 mendatang.

"Tahun 2020 di Italia, kejuaraan duniannya. Tahun depan itu yang sudah pasti Italia. Tapi saya udah minta juga saya minta tahun depan di Indonesia," papar Teddy.

Teddy juga menyarankan kepada Iwan Setiawan untuk memboyong piala kejuaraan Xiangqinya ke Pontianak, Kalimantan Barat agar dapat memotivasi atlet lainnya.

"Makanya coba ini besok tanggal 25 di Pontianak datang aja. Bawa ini, unjukin sama adek-adek kita supaya lebih memotivasi mereka," tutupnya.(Asp)

Baca Juga:

Jakarta Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Nasional Xiangqi ke-XVI

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH