K-Pop
Di Balik Kehidupan Asrama Idola K-Pop Idola K-pop yang baru debut seperti ENHYPEN tinggal bersama di satu asrama.(Foto: ENHYPEN)

SEJAK awal debut, idola K-pop biasanya tinggal di sebuah asrama bersama anggota grup yang lainnya. Hal itu berlangsung hingga beberapa tahun. Banyak yang menilai tinggal bersama di asrama akan membuat para member kompak.

Mempertahankan semua anggota grup di asrama yang sama juga memudahkan agensi untuk menjaga mereka dan mengatur jadwal mereka tepat waktu. Beberapa grup mengingat kembali hari-hari asrama mereka dengan penuh kasih. Namun, tidak selalu demikian.

BACA JUGA:

Rosé BLACKPINK Ungkap Cita-Cita Masa Kecil yang Absurd

Pendapat berbeda justru datang dari kritikus K-pop dan psikolog. Mereka percaya tinggal di asrama merupakan ide yang buruk bagi trainee dan idola pemula.

shinee

SHINee berbagi kasur sejak debut.(Foto: sports korea)

Sebagian besar ahli psikologi setuju bahwa hubungan yang sehat membutuhkan ruang dan waktu pribadi yang terpisah. Bagi idola yang tinggal di asrama itu tidak mungkin. Mereka hidup bersama, sering tidur di kamar yang sama, makan bersama, dan bekerja bersama. Selain itu, idola sering kali dilarang bersosialisasi di luar grup mereka, entah itu karena kurangnya waktu luang atau aturan kencan perusahaan.

Beberapa profesional berpikir sudah saatnya perusahaan meninggalkan sistem asrama atau setidaknya menjadikannya tidak wajib. Profesor komunikasi dan peneliti studi sosial Lee Jong-im dan kritikus musik majalah IZM Jung Min-jae mempertimbangkan pemikiran mereka.

Iz one

Tempat tinggal IZ*ONE terbagi atas dua dorm.(Sumber: MNET)

Menurut Lee Jong-im, yang menulis buku eksposur sistem pelatihan K-Pop Idol Trainees Sweat and Tears, sistem asrama tidak penting untuk bintang K-Pop. Dia percaya bahwa asrama dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi dan menyebabkan konflik seperti penindasan--masalah yang baru-baru ini menjadi sangat jelas di industri K-Pop.

Namun, jika perusahaan benar-benar merasa perlu untuk menjaga idolanya tetap hidup bersama, Lee mengatakan bahwa idola membutuhkan tempat di mana privasi mereka dapat dilindungi dengan baik. "Mereka perlu diberi lebih banyak kebebasan untuk pergi ke sekolah, bertemu keluarga mereka, dan mengembangkan hubungan dengan orang-orang di luar grup mereka " sarannya.

Berbicara tentang pengetahuan yang dia peroleh dari menulis bukunya, Jong-im menyatakan trainee harus menekan diri mereka sendiri jika mereka ingin berhasil dan mencapai tahap debut. Penduduk asli Korea menjelaskan bagaimana masyarakat Korea cenderung menempatkan kolektivisme di atas individualisme. Banyak orang Korea percaya mereka yang memiliki aspirasi harus 'mengorbankan segalanya' untuk mencapai kesuksesan.

"Dalam kebanyakan kasus, bahkan setelah debut mereka, (trainee) diminta untuk menyelesaikan masalah pribadi mereka sendiri (tanpa mencari bantuan) atau hanya mentoleransi saat-saat sulit," tuturnya.

blackpink

BLACKPINK tidur di kamar terpisah.(Foto: Koreaboo)

Pada akhirnya, Jong-im percaya bahwa aturan perusahaan seperti larangan berkencan dan menyita ponsel melanggar hak trainee muda dan bahwa lebih banyak kesempatan untuk membangun hubungan sangat penting untuk kesejahteraan mereka. "Para penyanyi tidak boleh kehilangan kesempatan untuk belajar membuat keputusan sendiri dan mereka membutuhkan lebih banyak kesempatan untuk bersosialisasi dengan orang lain," jelas Jong-im.

Kritikus musik Jung Min-jae berbagi sentimen serupa dalam sebuah wawancara dengan The Korea Times. Dengan mengambil contoh boy band populer Inggris One Direction, Min-jae menjelaskan bahwa para anggota memiliki kerja tim yang solid meski tidak dipaksa untuk tinggal bersama di satu asrama.(Avia)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Alam Memberikan Manfaat Kecantikan pada Tanaman ini
Fun
Alam Memberikan Manfaat Kecantikan pada Tanaman ini

Tanaman yang tumbuh di alam memberikan manfaat kecantikan pada perempuan.

Tips Liburan yang Sempurna Menurut Para Ahli
Fun
Tips Liburan yang Sempurna Menurut Para Ahli

Kenali cara mendapatkan liburan yang sempurna

Kisah Tragis Percintaan di Balik Lagu 'Hatiku di Kakimu'  dari Stevan Pasaribu
ShowBiz
Kisah Tragis Percintaan di Balik Lagu 'Hatiku di Kakimu' dari Stevan Pasaribu

Stevan Pasaribu resmi rilis single 'Hatiku di Kakimu'

Serial ‘Catch 22’ Hadirkan Perang Bernuansa Komedi
ShowBiz
Serial ‘Catch 22’ Hadirkan Perang Bernuansa Komedi

Diadaptasi dari novel karya Joseph Heller.

Tak cuma Nasi, Kenali Jenis Lain Karbohidrat
Hiburan & Gaya Hidup
Tak cuma Nasi, Kenali Jenis Lain Karbohidrat

Dua jenis karbohidrat diolah dan dicerna dengan cara yang sedikit berbeda oleh tubuh.

3 Item Terbaik Stussy x COMME des GARÇONS ala-ala Monokrom
Fashion
3 Item Terbaik Stussy x COMME des GARÇONS ala-ala Monokrom

Mulai dari bucket hat sampai bomber jacket

Snapdragon 888 Bawa Inovasi Terdepan Teknologi 5G
Fun
Snapdragon 888 Bawa Inovasi Terdepan Teknologi 5G

Snapdragon 888 membawa inovasi-inovasi terdepan pada industri teknologi 5G.

Jamur Ajaib Empat Kali Lebih Efektif Mengobati Depresi
Fun
Terang-Terangan soal ‘Sweet Home’, Song Kang: Saya Sangat Tertekan
ShowBiz
Terang-Terangan soal ‘Sweet Home’, Song Kang: Saya Sangat Tertekan

Song Kang memiliki kebiasaan menulis di buku harian untuk mengatasi masa tersulit di kariernya.

Hidup Kamu Berantakan? Tulis Ulang Kisahnya dengan 7 Pertanyaan Ini
Fun
Hidup Kamu Berantakan? Tulis Ulang Kisahnya dengan 7 Pertanyaan Ini

Buatlah jalan cerita yang mengembalikan trek hidup kamu.