Di AS, Album Adele '30' Laku Keras

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 08 Desember 2021
Di AS, Album Adele '30' Laku Keras
Adele sang penyanyi legendaris. (Foto: Twitter/Adele)

TERHITUNG hingga 6 Desember 2021, Album Adele 30 yang di rilis pada 19 November 2021, telah terjual lebih dari 1 juta penjualan dalam semua formatnya yakni CD, Vinyl, LP, Kase, dan unduhan album digital, menurut laporan penyedia data penjualan musik MRC Data.

Pada pekan pertamanya, album ini telah terjual sebanyak 692 ribu eksampler (terhitung hingga 25 November), kemudian di pekan keduanya telah terjual sebanyak 225 ribu eksampler (terhitung hingga 2 Desember).

Baca juga:

ABBA Berikan Kado Natal Berupa Video Musik ‘Little Things’

Album yang baru dirilis tersebut terjual lebih dari satu juta di Amerika Serikat (AS), tetapi ini tidak termasuk dengan album-album lama yang mungkin telah mencapai ambang batas seperti Folklore yang rilis pada 24 Juli 2020.

Album 30 yang terjual lebih dari satu juta (Foto: Twitter/Adele)
Album 30 yang terjual lebih dari satu juta (Foto: Twitter/Adele)

Album ini telah terjual lebih dari 1 juta terhitung sampai 22 Oktober 2020. Total penjualannya mencapai 1,55 juta hingga 2 Desember. Folklore Taylor Swift adalah satu-satunya album yanag dirilis pada 2020 yang terjual lebih dari satu juta kopi di Amerika Serikat.

Dalam beberapa tahun terakhir, di Amerika Serikat frekuensi penjualan album fisik telah menurun dikarenakan para penggemar mulai menikmati musik melalui layanan streaming darling, yang menyebabkan jarang ada album yang terjual satu juta kopi hingga saat ini.

Baca juga:

FLORE Angkat Isu Kesehatan Mental pada Album ‘Romaniac’

Pada 2019 hanya beberapa album yang telah terjual sebanyak satu juta kopi hingga saat ini yaitu Billie Eilish's When We All Fall Asleep, Where Do We Go?, Swift's Lover dan Harry Styles' Fine Line. Sedangkan pada 2018 hanya satu album yang dirilis dan terjual satu juta kopi ialah Soundtrack Lady Gaga dan Bradley Cooper untuk A Star is Born.

Billboard Global 200 (Foto: Instagram/Billboard)
Billboard Global 200 (Foto: Instagram/Billboard)

Adapun yang perlu diingat bahwa penjualan album fisik berbeda dengan penjualan dan pemutaran album di layanan streaming daring, yang menjadi nilai ukur untuk menentukan posisi tangga lagu pada daftar Billboard 200.

Pada 2021, hingga 2 Desember, terdapat 19 album yang menghasilkan lebih dari 1 juta unit album di AS, sembilan di antaranya dirilis pada 2021. Unit album ini terdiri dari penjualan album, jumlah streaming dan unduhan online. (Pid)

Baca juga:

Disinggung Soal Hijab, Voice of Baceprot: Ini Simbol Perdamaian, Cinta, dan Kecantikan

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan