Dewan Pers Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Pembunuhan Wartawan di Mamuju Tengah

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 22 Agustus 2020
Dewan Pers Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Pembunuhan Wartawan di Mamuju Tengah
Ilustrasi foto jenazah. foto: Istockphoto

MerahPutih.com - Dewan Pers menanggapi kasus pembunuhan wartawan media online Demas Leira di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, pada Kamis (20/8) dini hari WIB.

Kasus tersebut mencuat setelah hasil penyelidikan polisi bahwa korban dibunuh dengan adanya beberapa luka tusuk akibat senjata tajam pada bagian dada, ketiak, dan tangan korban dengan jumlah 21 tusukan.

Baca Juga

Plt Bupati Sidoarjo Meninggal Dunia, Gubernur Khofifah Sampaikan Duka Cita

Dewan Pers berkoordinasi dengan jurnalis dan organisasi pers di Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Mamuju Tengah serta berkoordinasi dengan aparat penegak hukum yang saat ini dalam tahap penyelidikan dengan mengumpulkan bukti-bukti dan saksi-saksi.

Dewan Pers menyesalkan jatuhnya korban dugaan tindak pidana pembunuhan tersebut yang telah merenggut jiwa seorang pendukung kemerdekaan pers di Indonesia. Selain itu, mereka prihatin dan mengecam serta mengutuk segala tindakan pembunuhan, penghalangan, kekerasan, intimidasi dan penganiayaan.

Dewan Pers

"Mendesak aparat penegak hukum segera mengusut tuntas dan menghukum seberat-beratnya kepada otak dan pelaku kasus dugaan pembunuhan terhadap wartawan tersebut sesuai ketentuan hukum perundang-undangan yang berlaku," demikian keterangan tertulis Dewan Pers di Jakarta, Sabtu (22/8)

Dewan Pers meminta dan mendorong kepada media dan organisasi pers untuk selalu memperhatikan keselamatan wartawan dengan sesuai Standar Perlindungan Profesi Wartawan serta melakukan pendampingan hukum terhadap wartawannya.

"Mengingatkan kembali agar wartawan selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan diri dalam melakukan kerja jurnalistik seperti melaporkan kepada aparat penegak hukum apabila menerima ancaman dari pihak tertentu," sambungya.

Baca Juga

Kronologis Pembunuhan Satu Keluarga di Sukoharjo

Memohon semua pihak dan pemangku kepentingan untuk menunggu hasil penyelidikan dan serta menghormat hasil kerja tim penegak hukum sebelum melakukan langkah selanjutnya.

Dewan Pers mendorong aparat bertindak cepat dan profesional dalam menangani kasus ini secara terbuka. Dewan Pers, Satgas Kekerasan Wartawan serta para Konstituen siap memberikan pendampingan untuk membantu proses penyelidikan aparat. (*)

#Dewan Pers #Pembunuhan Wartawati
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan