Dewan Kesenian Depok Bakal Tampilkan Lenong Betawi, Catat Tanggalnya! Ilustrasi Lenong Betawi. (MP/Noer Ardiansjah)

MerahPutih.com - Dewan Kesenian Depok (DKD) bersama Sanggar Betawi Ngumpul direncanakan bakal menggelar kembali acara Lenong Betawi di Panggung Betawi Ngumpul, Jalan Tanah Baru No 74, Beji, Depok, Jawa Barat, Sabtu (18/11).

Ketua DKD Nuroji mengatakan, pertunjukan lenong tersebut merupakan salah satu upaya dari para pegiat seni di Depok untuk melestarikan warisan budaya yang hampir tergerus zaman.

"Pertunjukan itu sebenarnya salah satu aja dari banyaknya kegiatan DKD, terutama Komite Tradisi. Beberapa komite lain sudah menggelar kegiatan seperti workshop, diskusi, seminar, dan lain-lain," kata Nuroji ketika dikonfirmasi, Rabu (15/11).

Dalam kegiatan tersebut, Nuroji juga ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa lenong bukan sekadar guyonan belaka, melainkan mengandung nilai-nilai historis yang patut direnungkan.

"Lenong punya pakem, sama seperti ludruk, ketoprak, atau wayang kulit. Insya Allah, lenong yang akan ditampilkan nanti akan mengikuti pakem lenong sebenarnya. Jadi, gak asal ngelenong aja," kata lelaki yang juga merupakan anggota Komisi X DPR bidang Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, dan Perpustakaan.

Dengan melibatkan beberapa seniman kenamaan dan juga bekerja sama Betawi Ngumpul, Nuroji berharap kesenian tradisional tersebut dapat terus dinikmati generasi kekinian. "Saya hanya berupaya untuk melestarikan kesenian tradisional asli yang belum dikembangkan," katanya.

Adapun pada pertunjukan tersebut, DKD bakal menampilkan beberapa tokoh lokal yang juga merupakan para pejuang kota Depok masa silam. "Yaitu tokoh pejuang dari Tanah Baru bernama Daeran alias Mat Depok," katanya. (*)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH