Kesehatan

Detoks pada Pria, Kebutuhan untuk Tampil Lebih Keren

P Suryo RP Suryo R - Senin, 18 Juni 2018
Detoks pada Pria, Kebutuhan untuk Tampil Lebih Keren
Menjaga kulit sehat berpengaruh pada kesehatan tubuh. (Foto: historylovetoknow)

TAHUKAH kamu menurut data dari Enviromental Protection Agency, setiap tahunnya manusia menyumbangkan sekitar 2 gram polusi udara, 63 kg makanan aditif dan menyerap bahan-bahan kimia lainnya. Menjadikan manusia sebagai wadah limbah.

Kulit manusia adalah salah satu jalan keluar dari limbah-limbah itu. Kemudian membuat kulit terpapar berbagai racun, baik organik maupun kimiawi. Hasilnya kulit menjadi jauh dari kata mulus, cerah dan mulus.

Menurut Candice Gardner dari The International Dermal Institute, mengatakan bahwa kulit menjadi organ eliminasi, jadi tubuh dapat membawa limbah ke sistem limpa dan keringat. "Kulit menjadi kusam dan jelek," ungkap Gardner.

Jadi sebaiknya lakukan langkah-langkah detoks yang diungkap oleh laman fashionbeans untuk mendapatkan kulit lebih cerah, bersih dan mulus.

male skin
Detoks pada kulit akan membuat tubuh lebih sehat. (Foto: Aesthetics Journal)

Air


Air diyakini mampu menjadikan kulit jauh lebih sehat dan segar. Gardner menegaskan bahwa air dapat mendetoks tubuh pria. "Pemenuhan kebutuhan air akan memperlancar detok tubuh," tegas Gardner.

Kebutuhan air setiap hari mencapai sekitar dua liter, namun dapat mengonsumsinya lebih dari jumlah itu, asal jangan berlebihan malah membuat gangguan kesehatan lainnya.

Olahraga

Gardner menegaskan bahwa otot yang aktif dapat memperlancar jalannya cairan di dalam tubuh. Juga membantu cairan limpa lebih terpompa. "Pemompaan cairan limpa sangat penting. Sebab sistem limpa bertanggungjawab pada pembuangan racun yang berada pada lapisan terdalam kulit. Dengan demikian akan memberikan hasil positif pada kulit," jelas Gerdner.

male skin
Dengan berolahraga dapat membantu detoks pada kulit. (Foto: freegreatpicture)

Masker Wajah


Masker wajah adalah jalan terbaik untuk mengangkat sel dan kulit mati dari kulit di wajah. Bahkan mampu mengangkat partikel-pertikel yang menyumbat pori-pori kulit. Jadi bila berhubungan detoks maka carilah produk masker wajah yang mampu menyerap partikel-partikel itu. Sedangkan yang memiliki kulit sensitif, lebih baik mencari masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami atau asam amino untuk membersihkan wajah. Pakailah masker wajah maksimal dua kali seminggu.


Gula


Gula bukan hanya berpengaruh terhadap berat badan, namun juga pada kulit. "Gula sangat buruk bagi kulit, sebab menempel pada protein di kolagen yang disebut glycation," ungkap dermatologis, Dr Nicholas Perricone.

Dengan mengurangi makanan dan minuman yang manis dapat menaikan asupan vitamin C yang berguna bagi kesehatan kulit.

gula
Sebaiknya mengurangi gula untuk kesehatan kulit. (Foto: financialtribune)

Charcoal


Charcoal atau arang dapat membuat kulit pria menjadi lebih sehat dan bersih. Cahrcoal mampu menyerap kotoran yang ada pada kulit, 100 kali beratnya sendiri. Bahan ini menyerap debu, racun dan kotoran lain yang membuat kulit kusam. Pakailah secara rutin maksimal dua kali seminggu.

Scrub


Scrub wajah dua kali seminggu sangat efektif menjadikan kulit lebih bersih dan segar. Gardner mengatakan rutinitas membersihkan kulit wajah dengan crub akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sebab detoks akan berjalan lebih lancar.

male skin
Masker wajah akan mengangkat kotoran dan sel kulit mati. (Foto: kerstinflorian)


Mencuci Rambut


Kulit pada rambut harus diperhatikan pula. Rambut menjadi salah satu media yang menyerap berbagai kotoran, jika tidak dibersihkan akan menimbulkan bau apek atau tengik. Terutama bagi pria yang menggunakan pomade, wax atau gel, cenderung lebih mudah menyerap kotoran di udara. Carilah produk pembersih atau shampo yang memiliki formula mampu membersihkan total seluruh kotoran. Juga mampu memberikan kelembaban bagi area rambut. Carilah produk yang tidak merusak area rambut.

Sikat Badan


Membersihkan kulit di sekejur tubuh tidak cukup hanya dengan menggosok menggunakan telapak tangan. Ada baiknya mencari sikat yang baik untuk membersihkan kulit tubuh, khususnya yang dapat menjangkau punggung.

"Menyikat badan dengan gerakan ke atas menuju jantung dari arah sistem limpa. Bagian yang tidak boleh terlupakan adalah lutut, leher dan lengan bagian dalam," ungkap Gardner.

Rokok


Yang ini menjadi pilihan bagi para pria. Disadari bahwa rokok dapat merusak kulit dan rambut. Menurut penelitian darah perokok memiliki konsentrasi tinggi enzim yang disebut matrix metalloproteinase 1. Enzim ini menghancurkan kolagen kulit yang terlihat terjadinya tanda-tanda penuaan dini. Seperti menurunnya elastisitas dan keriput. Rokok juga dapat membuat rambut kehilangan nutrisinya. (psr)

#Sel Kulit #Kulit Cerah #Perawatan Kulit #Kesehatan Kulit
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan