Deteksi Perselingkuhan Pasangan Lewat Media Sosial Deteksi perselingkuhan di sosial media (Sumber: Daily Express)

PERSELINGKUHAN bisa terjadi lewat media apapun, termasuk media sosial. "Orang-orang menggunakan media sosial untuk berselingkuh ketika mereka tidak bahagia dengan kehidupan atau hubungannya," jelas psikolog Hubungan, Theresa Herring.

Herring menilai, orang-orang yang mencari kesenangan di sosial media biasanya karena mereka mencari validasi dari orang asing yang ditemuinya di media sosial. "Mereka seolah menemukan kembali bagian yang hilang dari diri mereka dan merasa seperti seseorang menghargai mereka apa adanya," lanjut Herring.

Baca Juga:

Tanda-Tanda Pasanganmu Belum Move On dari Masa Lalu Menyakitkan

Mereka mungkin memulai komunikasi secara iseng. Namun, komunikasi iseng-iseng dapat berubah menjadi hubungan emosional atau fisik sepenuhnya. Walau demikian, perselingkuhan lewat media sosial mudah diidentifikasi. Media sosial membuat perselingkuhan lebih mudah diakses. Kita bisa mengetahuinya lewat perubahan kebiasaan online mereka dan kebiasaan mereka dalam mengelola sosial medianya.

"Jika kamu mengenali tanda-tandanya lebih awal, kamu bisa lebih cepat memperkuat hubungan untuk menghindari perselingkuhan atau membantu pasangan lepas dari perselingkuhan," tutur Herring. Berikut kebiasaan di sosial media yang bisa mendeteksi perselingkuhan seseorang.

1. Orang asing

Perselingkuhan di sosial media
Kamu menemukan nama yang tak dikenal (Sumber: Depositphotos)

Ketika kamu menjalin hubungan dengan mereka, kamu cenderung bertemu dengan teman-temannya atau paling tidak kamu pernah mendengar cerita tentang mereka. Jadi, jika pasanganmu terus menerus mengirim pesan kepada orang yang tidak kamu kenal di media sosial, itu menandakan mereka berselingkuh. Penasihat dan Pakar Hubungan, David Bennett menatakan jika mereka belum pernah menyebiut nama orang tersebut tetapi di sosial media seolah mereka saling kenal, mungkin ada alasan mengapa mereka sedikit tertutup. Apabila pasangan tidak berpikir untuk berselingkuh, mereka akan punya penjelasan masuk akal akan hal tersebut.

2. Mengabaikan Tag dan Komentarmu

Selingkuh di sosmed
Jarang membalas pesan (Sumber: Daily Express)

Ketika kamu membuat komen di foto lihatlah reaksinya. Perhatikan apakah ia merespon ata bertindak seolah tidak terjadi apa-apa. Jika mereka tidak menyebutmu atau hubunganmu secara signifikan di sosial media, curigalah terjadi sesuatu padanya. Jika mereka tidak menanggapimu atau meminta kamu membatasi unggahan maka ada sesuatu yang terjadi.

3. Ada satu nama

Sosial media
Satu nama muncul terus menerus (Sumber: Popster)

Jika kamu memperhatikan satu nama muncul terus menerus di laman sosial media pasangan, artinya berbahaya. Bukan masalah jika mereka menyukai postingan orang lain atau membiarkan temannya atau dirinya berkomentar di sosial media. Tetapi jika itu agak genit dan membuatmu tidak nyaman, sampaikan saja. "Jika kamu melihat hal seperti itu langkah terbaiknya adalah dengan berbicara pada pasangan dan sampaikan," jelas Pakar Hubungan, Jennifer Seiter. Jika mereka tidak ada intensi berselingkuh, hal tersebut dapat mengantisipasi perselingkuhan. Seiter mengataka bahwa kesalahan yang paling umum terjadi adalah mereka mengabaikan tanda-tanda ini dan pada saat mereka menyampaikannya semua sudah terlambat.

Baca Juga:

Sedang Cari Pacar? Coba Aplikasi Kencan Daring Aja!

4. Berhenti Mengunggah Foto Bersama

Selingkuh di sosial media
Si Dia Jarang mengunggah foto bersama (Sumber: Inside Hook)

Tidak semua orang senang membagi fotonya dan pasangan di media sosial. Namun berbeda ceritanya jika pasangan berhenti mengunggah foto kebersamaan. Jika sebelumnya kamu dan pasangan sering mengunggah foto kebersamaan yang lucu dan sekarang pasangan meninggalkan kebiasaan itu, itu bisa jadi pertanda ada sesuatu. "Apabila pasangan tidak pernah lagi memasukkan foto denganmu ini adalah tanda bahwa mereka ingin dilihat sebagai single," ungkap praktisi hubungan asmara, Isabel James. Dalam situasi ini, kamu bisa bertanya padaa pasangan mengapa mereka menjaga hubungan kalian tetap privat. Mereka mungkin memiliki alasan logis. Namun jika mereka tidak dapat menjawab pertanyaan atau justru mengalihkan pembicaraan, sesuatu terjadi.

5. Selalu Tertawa Saat Melihat Ponsel

Selingkuh di sosial media
Si dia tertawa setiap kali melihat sosial media (Sumber: Freepik)

Internet penuh dengan video dan foto lucu. Jika psangan tertawa saat melihat ponsel, bukan berarti mereka berselingkuh. Namun jika mereka terlihat tertawa saat chatting di Facebook dan melakukannya hingga larut malam, serta menyembunyikan ponsel darimu, patut dicurigai. Apabila mereka berselingkuh, mereka akan tersenyum dan tertawa ketika sedang mengetik pesan. Jadi, jika mereka tidak memberitahumu apa yang membuat mereka tersenyum, jangan ragu untuk mengajukan banyak pertanyaan sampai kamu merasa lebih baik dengan semua situasinya. Itu akan lebih baik untuk menyelesaikan masalah secara terbuka daripada berpura-pura tidak terjadi apa-apa. (avia)

Baca Juga:

Deretan Zodiak yang Paling Setia, Cocok Dijadikan Pendamping Hidup

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH