Destinasi Wisata yang Tak Pernah Beranjak dari Masa Lampau Sighisoara di Rumania yang masih seperti abad pertengahan. (Foto: instagram@luisapepa1)

KALAU belum memiliki rencana berlibur akhir tahun, agaknya destinasi wisata ini dapat kamu pertimbangkan. Destinasi wisata ini tidak pernah beranjak dari waktu tetap seperti dahulu. Kalau boleh dikatakan tempat-tempat ini seolah tidak terjamah oleh waktu

Semua sudut masih seperti dahulu, meskipun memang ada perubahan disana-sini, namun sifatnya minor. Yang ada kota-kota ini seolah terjebak dalam pusaran waktu masa lalu dan tidak mampu mengejar ketertinggalan waktu yang terus berlalu.

1. Tombstone, Arizona, Amerika Serikat, legenda wild wild west hidup disini

tombstone
Tombstone yang sarat cerita wild wild west. (Foto: instagram@lucyonhertravels)

Memasuki kota ini seolah ditarik ke jaman keliaran koboi, penuh suara tembakan, derap sepatu kuda, perkelahian di bar dan romantisme. Tombstone menjadi tempat penjelajah waktu merasa kembali ke masa lalu. Di Jalan East Allen dapat ditemukan atraksi-atraksi paling terkenal di kota ini seperti Bird Cage Theater dan OK Corral. Jangan lupa untuk mengunjungi bekas tambang perak dengan melewati rute yang berputar-putar.

Tempat menginap yang bagus adalah Tombstone Monument Guest Ranch. Hotel ini bergaya rustic, berlokasi hanya 10 menit berkendara dari Tombstone. Akomodasi ini menawarkan kamar tematik yang nyaman dengan dekorasi old west. Coba makan di Schieffelin yang memberikan 3 macam hidangan meat loaf, kemudian ayam, fajitas, steak, iga, dan salmon.


2. Enkhuizen, Belanda, waktu berhenti di kota ini

enkhuizen
Enkhuizen sama sekali tidak ada perubahan. (Foto: instagram@terratravelrd)


Enkhuizen adalah kota kecil yang ada di Belanda Utara. Kota ini sangat menawan dengan pelabuhan tua yang indah dan banyaknya kanal dan rumah cantik. Di kota ini terdapat museum Zuiderzeemuseum, kemudian pedesaan yang seolah tidak mengalami perubahan waktu. Sejalan pula dengan ratusan toko dan rumah otentik yang seolah rekaman sejarah daerah ini. Pelancong dapat melihat-lihat dengan mengitari jalan-jalan indah di kota itu seolah dilempar ke Belanda pada masa lampau.

De Oude HBS yang dahulunya sekolah adalah pilihan yang tepat untuk menginap. Juga apartemen modern menghadap ke gereja kuno. Bangunan ini berjarak dekat dengan stasiun kereta Enkhuizen dan Zuiderzeemuseum, gerbang masuk Drommedaris dan pelabuhan Enkhuizen.

3. Sighi?oara, Rumania, menjebak diri pada abad pertengahan

sighisoara
Sighisoara kotanya Vlad Dracula. (Foto: instagram@romaniawow)

Kota Sighi?oara adalah UNESCO World Heritage Site dan salah satu kota abad pertengahan yang paling indah di Eropa. Kota kelahiran Vlad Dracula ini merupakan harta yang akan membuat jiwa-jiwa masa lalu serasa seperti rumahnya sendiri dengan rumah-rumah historis yang penuh warna, gereja-gereja kuno, jalanan berbatu dan menara-menara indah. Kunjungi menara jam abad ke-14 dengan museum historik dan balkon untuk menikmati pemandangan yang indah.

Casa Savri merupakan penginapan yang terpilih. Lokasinya menempati bangunan bersejarah di sebelah puri abad pertengahan Sighi?oara. Bangunannya memiliki arsitektur dan dekorasi tradisional Transylvania Saxon. Kamar dan suitenya memiliki langit-langit berkubah, dan perabotan tradisional. Menambah suasana seolah berada di masa lalu.


4. Hahoe Folk Village, Korea Selatan

hahoe
Hahoe Folk Village yang kaya budaya Korea. (Foto: instagram@hectrord)


Mau belajar kebudayaan Korea? Datanglah ke Hahoe Folk Village yang menyimpan tradisi dan kekayaan budaya Korea. Desa ini mempertahankan gaya arsitektur kuno, bahkan beberapa rumah terbuka untuk umum. Untuk melengkapi pengalaman perjalanan kembali ke masa lalu, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas daerah di salah satu restoran tradisional di dekat desa.

Tempat menginap yang ciamik berada di Andong, sedikit berjalan kaki dari Hahoe Folk Village, bernama Okyeon Jeongsa. Mereka menawarkan akomodasi tradisional dengan pemandangan taman khas Korea. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH