Destinasi Wisata Unik di Bukit Jaddih Bangkalan Wisata alam Bukit Jaddih Bangkalan, Madura. (FOTO Antara)

Kalau di Tangerang terdapat tempat wisata unik Danau Telaga Biru Cigaru, danau bekas penambangan pasir di wilayah Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Di Bangkalan Madura juga memiliki destinasi wisata unik yang tidak kalah indah dengan Danau Telaga Biru Cigaru.

Bekas penambangan kapur di Bukit Jaddih, Bangkalan, Madura, Jawa Timur menjadi salah satu destinasi wisata unik yang banyak dikunjungi wisatawan. Sekilas, kawasan ini terlihat seperti sebuah situs kuno. Tebing-tebing bekas penambangan itu membentuk sebuah ornamen-ornamen yang memiliki nilai artistik.

Sebagian masyarakat menyebut kawasan tersebut sebagai 'luka alam yang indah'. Karena, dampak dari kerusakan lingkungan ini terlihat menjadi sebuah panorma pemanangan yang menakjubkan.

Di area kawasan wisata unik Bukit jaddih ini juga terlihat danau yang warna airnya biru. Air di Danau Biru Bukit Jaddih yang terbentuk dari proses penambangan ini dipercaya bukan berasal dari air hujan yang tertampung. Melainkan bersumber dari mata air yang ada di baebatuan cadar di dasar danau tersebut.

Bagaimana, Anda tertarik untuk menikmati pesona indahnya wisata unik alam dadakan bekas tambang batu kapur di Bukit Jaddih? Sekadar informai, untuk memasuki kawasan tersebut, ditarif tiket antara Rp 5ribu hingga Rp 10ribu.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir, karena warga-warga sekitar kawasan tersebut juga mendirikan warung-warung tenda, menjajakan jajanan,makanan dan minuman untuk para pengunjung.

Untuk mengikuti berita destinasi wisata bekas galian tambang lainnya, baca juga: Wisata Unik Danau Telaga Biru Cigaru



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH