Destinasi Wisata Indonesia yang Diakui UNESCO, Wajib Kamu Kunjungi

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 31 Januari 2023
Destinasi Wisata Indonesia yang Diakui UNESCO, Wajib Kamu Kunjungi
Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan menjadi bagian dari UNESCO Global Park (UGG). (Unsplash/Andi Hasbi Jaya)

KAMU bosan ke tempat wisata yang itu-itu saja? Padahal Indonesia memiliki kekayaan budaya dan keindahan alam yang melimpah. Bahkan, menurut money.co.uk pada 2022, Indonesia menduduki peringkat pertama untuk negara yang paling indah di dunia.

Dari banyaknya wisata di Indonesia, beberapa di antaranya sudah diakui oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Wisata Indonesia yang diakui oleh UNESCO adalah situs warisan budaya dunia dan dianggap menyimpan kekayaan dari masa lalu, saat ini, dan sesuatu untuk generasi yang akan datang.

Baca Juga:

100 Tahun Bosscha, Status Cagar Budaya akan Diperluas

wisata
Pemukiman ini berdiri di atas medan yang relatif berbukit dan dataran tinggi. (Unsplash/Robert Tjalondo)


Tana Toraja


Pemukiman Tradisional Tana Toraja adalah tradisi yang terus diwariskan dari generasi ke generasi sejak 700 tahun lalu. Wisata ini termasuk dalam Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan dengan luas 3.205 km2. Pemukiman ini berdiri di atas medan yang relatif berbukit dan dataran tinggi. Jika kamu ingin menempuhnya melalui Ibu Kota Sulawesi Selatan, Makassar, kamu dapat menempuhnya dengan jarak tempuh 7-8 jam.


Kepulauan Derawan


Kepulauan Derawan menjadi salah satu wisata bahari yang menawan, salah satunya adalah Taman Bawah Laut yang menjadi pemikat wisatawan mancanegara, terutama penyelam kelas dunia. Kepulauan Derawan memiliki beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang penting, yaitu terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau. Kepulauan ini banyak terdapat spesies yang dilindugi, seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung (dugong), dan ikan barakuda.

Baca Juga:

Hadirkan Vila di Atas Laut, Pulau Leebong Kian Mirip Maladewa

wisata
Dderawan, Taman Bawah Laut yang menjadi pemikat wisatawan mancanegara, terutama penyelam kelas dunia.(Unsplash/Mahmur Marganti)


Taman Nasional Lorentz


Taman Nasional Lorentz berada di Papua dan ditetapkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara oleh UNESCO. Taman nasional ini seluas 2.505.600 ha. Selain itu, WWF menjadikan Taman Nasional Lorentz sebagai kawasan konservasi terluas dan terlengkap ekosistemnya di Asia Pasifik. Taman Nasional Lorentz menjadi Daerah Burung Endemik dengan 45 spesies burung sebaran terbatas dan sembilan spesies burung endemik. Di sini juga ada beberapa jenis burung yang menjadi ciri khas, seperti Burung Kasuari, Cendrawasih ekor panjang, dan puyuh salju.


Geopark Maros-Pangkep

Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan menjadi bagian dari UNESCO Global Park (UGG). Dengan luas mencapai 312.594 hektare, Geopark Maros-Pangkep punya ciri khas perbukitan karst yang terbuat dari batuan gamping. Kamu dapat menikmati keunikan flora dan fauna di kawasan karst terluas ketiga di dunia. Geopark ini ditujukan untuk kepentingan konservasi, edukasi, dan pembangunan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan. (vca)

Baca Juga:

Destinasi Wisata Situ Gede Bogor makin Menarik

#Wisata #Travel #Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan