Wisata Indonesia

Destinasi Wisata Baru Kota Cirebon, Pecinan Warna Warni

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 03 Mei 2018
Destinasi Wisata Baru Kota Cirebon, Pecinan Warna Warni
Kawasan Pecinan di kota Cirebon disulap dengan warna warni. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

DESTINASI wisata terbaru lahir di kota Cirebon, Pecinan Warna Warni. Wisata baru di Kota Udang ini merupakan kerja sama antara Kasultanan Kasepuhan, Kasultanan Kanoman dan Keraton Kacirebonan yang didukung oleh Pacific Paint.

Setelah Tangerang dengan “Kampung Bekelir” dan “Kampung Merah Putih” di kota Tual Ambon. Kali ini kawasan pecinan yang ada di Cirebon dibuat meriah dengan cat warna warni. Ada sekitar 200 toko di tempat itu yang diwarnai dengan berbagai konsep pengecatan.

Kawasan pecinan warna-warni tidak seperti pasar pada umumnya. Kamu akan merasakan nuansa yang berbeda karena akan disuguhkan pemandangan indah tembok yang berwarna warni. Hati pun terasa begitu sejuk melihatnya meski tengah berjalan di bawah terik matahari.

pecinan cirebon
Pecinan Warna Warni Cirebon menjaga sejarah lokal. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Sesuai dengan kebutuhan zaman now, tentunya kawasan ini berubah menjadi tempat yang menarik untuk membuat vlog juga dikonsep menjadi Instagramable.

Pemilihan warnanya yang cenderung ke arah pastel itu, dimaksudkan untuk menghadirkan nuansa cerah. Inipun terkait dengan iklim di wilayah Cirebon yang panas. Karena itu warna-warna pastel dipilih karena tak begitu menyerap panas seperti warna-warna terang lainnya.

Tak hanya toko saja yang dicat dengan warna warni yang indah. Tenda-tenda para pedagang kaki lima yang berada di depan toko juga ikut diganti dengan berbagai warna. Tentunya untuk lebih memanjakan ribuan mata para pengunjung.

Kehadiran Pecinan Warna Warni itu dalam rangka ulang tahun ke-75 Pacific Paint yang konsisten mengaplikasikan visi dan misinya mewarnai Indonesia. Kota Cirebon dipilih karena dianggap memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata.

pecinan cirebon
Peresmian Pecinan Warna Warni dengan atraksi budaya Cirebon. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

“Ini dilakukan karena kami melihat potensi yang besar dari Pasar Kanoman untuk menarik pengunjung yang sayang apabila tak kita jaga,” ucap Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Pasific Paint saat ditemui merahputih.com di Pasar Kanoman, Cirebon, Rabu (3/5).

Kawasan ini memang menjadi pusat ekonomi sekaligus bagian dari sejarah bangsa Indonesia. Berangkat dari hal itu Pacific Paint yang menggandeng 3 kesultanan Cirebon. Tentunya dengan harapan, revitalisasi ini bisa menghidupkan kembali pasar sebagai destinasi utama wisata dan berbelanja. Dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Saya mewakili masyarakat Cirebon disini yang selalu bangga akan Pasar Kanoman atau Pecinan. Karena bukan hanya bagian sejarah tapi merupakan jantung dari kota Cirebon,” kata Pangeran Radja Adipati Arief Natdiningrat, Kesultanan Kasepuhan.

Dengan adanya pemugaran itu beliau berharap masyarakat dapat lebih bangga akan jati diri. Termasuk pula semakin mengapresiasi nilai sejarah dan budaya lokal.

Dalam sejarah hubungan keraton-keraton di Cirebon dengan Komunitas Tionghoa sudah terjalin sejak lama. Berdasarkan naskah Purwaka Caruban Nagari, warga Tionghoa telah berada di wilayah Cirebon, 200 tahun sebelum kesultanan Cirebon berdiri. Bahkan keberadaan warga Tionghoa di Cirebon telah ada sejak sekitar tahun 1415 Masehi sebelum kerajaan Cirebon berdiri pada sekitar tahun 1500 Masehi.

pecinan cirebon
Salah satu sudut Pecinan Warna Warni. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Hal ini mengingat riwayat Dinasti Ming, Ong Tien yang notabene merupakan istri dari Sunan Gunung Jati. Serta diiringi dengan peristiwa monumental ketika pasukan negeri Tiongkok yang dinahkodai oleh Laksamana Cheng Ho yang merupakan Panglima Besar Angkatan Laut dari Dinasti Ming datang ke kota Cirebon.

Terlepas dari kisah singkat sejarah pluarisme dikota Cirebon tersebut. Pangeran Radja Adipati Arief Natadiningrat dari Kesultanan Kasepuhan merasa sangat senang dan bangga dengan pasar Kanoman dengan diadakannya langkah konkret oleh pasific paint tersebut.

Prosesi peresmian Pecinan Warna Warni, menampilkan beberapa pertunjukan budaya. Seperti barongsai dan tarian tradisional Cirebon. (ryn)

#Kota Cirebon
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan