Destinasi Wisata Alternatif di Manggarai Barat Kalau Pulau Komodo Tutup Sejumlah wisatawan menyaksikan komodo di Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo. (MP/Dery Ridwansah)

PULAU Komodo akan ditutup tahun depan. Pulau yang berisi reptil purba ini ditutup karena berbagai alasan. Puncaknya karena adanya kasus penyelundupan 41 ekor Komodo yang akan dijual ke luar negeri. Jahat banget ya?

Makanya akhirnya pemerintah memutuskan untuk menutup pulau ini dari wisatawan untuk kembali menjaga kelestariannya. kalau Pulau Komodo ditutup, kemudian wisatawan harus pergi kemana ya? Ini dia rekomendasi destinasi di Manggarai Barat selain Pulau Komodo.


1. Pink Beach pantai pasir pink

pantai pink
Pantai Pink di NTT dengan warna pasir yang unik (Foto: archipelago.id)

Pantai yang berada di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur ini punya pantai yang sangat unik. Warna pasirnya pink lho! Pink Beach di NTT ini menjadi dua diantara 12 pantai pink yang ada di dunia. Kalau datang kesini jangan hanya mengagumi warna pasirnya saja ya. Karena di laut Pink Beach menjadi istana keindahan yang berisi berbagai jenis ikan dan biota lainnya. Sampai sekarang belum ada penjelasan ilmiah mengenai warna pasir itu. Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa pasir berwarna merah muda ini berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang ada di pantai ini. Teori lain mengatakan bahwa warna pink di pasir ini terjadi karena hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah muda.


2. Snorkling cantik di Pulau Kelor

pulau kelor ntt
Snorkeling di Pulau Kelor yang cantik (foto indonesiakaya.com)


Pulau Kelor memang tidak berpenghuni, namun pulau ini kerap kali dijadikan detinasi wisata karena keindahan terumbu karangnya. Untuk mendatangi Pulau Kelor, kamu bisa menaiki perahu dari Labuan Bajo selama 30 menit. Pulau Kelor jadi salah satu destinsi wajib untuk melakukan aktivitas snorkeling. Enggak hanya itu, kamu juga bisa leluasa melakukan free dive karena ombak di pantai ini terbilang tenang sehingga tidak terlalu berbahaya.

Baca juga berita: Rencana Berlibur ke Pulau Komodo? Tahan Dulu Pemerintah Tutup hingga Satu Tahun

3. Gua karst unik di Liang Bua

liang bua
Gua Liang Bua, situs purbakala ternama di Flores. (foto: Instagram @eazytraveler)


Liang Bua merupakan gua yang terletak di daerah perbukitan kapur yang berjarak 14 km dari kota Ruteng. Gua Liang Bua ini terbuat dari karst dan menjadi pertemuan dua sungai besar, yaitu Wae Racang dan Wae Mulu. Gua ini jadi terkenal sejak ditemukannya fosil Homo Floresiensis atau manusia Flores pada tahun 2001. Jadi supaya kamu enggak bosan kalau mengunjungi Manggarai, Gua Liang Bua ini bisa jadi salah satu destinasi wisatamu.

4. Komodo di Pulau Rinca

komodo
Ukuran komodo di Pulau Rinca lebih kecil ketimbang yang di Pulau Komodo. di Pulau Rinca. (Foto: kemenpar.go.id)


Jangan sedih kalau Pulau Komodo ditutup karena kamu tetap bisa melihat binatang yang satu ini. Sebenarnya Pulau Komodo dan Pulau Rinca jaraknya tidak terlalu jauh dan masih jadi satu kesatuan. Di Pulau Komodo lebih banyak hutan, sebaliknya di Pulau Rinca kamu akan lebih banyak menemukan padang savana. Konon katanya reptil purba yang ada di Pulau Komodo memang lebih besar dan lebih banyak. (sam)


indonesiaku-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


indonesiaku-singlepost-banner-4