Destinasi Wajib Didatangi Kalau ke Geopark Ciletuh Pemandangan dari Tebing Panenjoan yang memesona di waktu sunset. (Foto: instagram@dotadesc)

DESTINASI wisata di Geopark Ciletuh sangat banyak. Geopark yang menguasai seperenam wilayah Jawa Barat ini penuh dengan pesona alam yang sayang untuk dilwatkan. Beberapa menjadi daftar wajib yang harus kamu datangi.

1. Tebing Panenjoan, sunset sangat memesona di kawasan ini

tebing panenjoan
Pemandangan dari Tebing Panenjoan ke arah Teluk Cilentuh. (Foto: instagram@ferdiansetiawan14)


Tebing Panenjoan terletak di Desa Mekarsakti yang sudah berbenah menjadi sebuah destinasi wisata. Pada piggir tebingnya sudah terpasang pagar pembatas yang menjaga keselamatan wisatawan. Letaknya yang 300 meter dari permukaan laut memberikan pemandangan lepas ke arah Pantai Palangpang yang berada di Teluk Cilentuh. Butuh waktu sekitar 3 jam berkendara dari Pelabuhanratu mencapai destinasi wisata ini. Di bawah tebing terdapat permukiman, sawah dan perbukitan yang semakin menambah pesona kawasan ini. Bukit Panenjoan merupakan properti pribadi yang baru dikembangkan menjadi tempat wisata di tahun 2015. Terdapat beberapa homestay di tempat ini bila kamu belum puas memandangi pesona Tebing Panenjoan. Waktu terbaik di tebing ini adalah ketika matahari kembali ke peraduannya.

2. Pantai Palangpang merupakan gerbang Geopark Ciletuh dari Sukabumi

pantai palangpang
Pesona sunset di Pantai Palangplang. (Foto: instagram@tarriepurwanti)


Untuk mencapai Pantai Palangpang butuh waktu sekitar 4 jam dari kota Sukabumi. Pantai Palangplang terletak di Desa Ciwaru yang merupakan gerbang memasuki Geopark Ciletuh dari arah Sukabumi. Di kawasan ini sudah banyak terdapat fasilitas penginapan dan tempat makan yang cukup memadai. Pantai yang membentuk seperti tapal kuda ini ramai juga dengan perahu-perahu dan kegiatan nelayan. Dikejauhan terlihat bagian atas dari Curug Cimarinjung. Tak jauh dari pantai terdapat Pulau Mandra dan Kunti yang kebanyakan dipakai untuk kegiatan memancing. Sangat disarankan untuk memakai kendaraan pribadi bila mengunjungi pantai ini. Angkutan umum belum tersedia di kawasan ini.



3. Puncak Darma butuh kesabaran untuk sampai ke puncak

puncak darma
Dari Puncak Darma bentuk Teluk Ciletuh sangat jelas terlihat. (Foto: instagram@xinto.dicaprio)


Butuh perjuangan untuk mencapai Puncak Darma. Hanya mobil dengan penggerak 4 roda (4WD) saja yang mampu melenggang sampai ke puncak. Kalau mau kamu bisa menyewa kendaraan 4WD seharga Rp 60 ribu. Kalau menyukai kegiatan alam, jalur trekking juga tersedia dengan waktu tempuh 1-2 jam. Perjuangan sampai ke puncak langsung terbayar dengan pemandangan yang sangat indah. Pesona Teluk Ciletuh dengan Pantai Palangplangnya terlihat dengan jelas. Sama dengan Tebing Panenjoan, Puncak Darma memberikan pemandangan dari arah yang berbeda ke arah Pantai Palangpang. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH