Destinasi Pasar Terapung Keren di Indonesia, Wajib Didatangi Nih Pedagang makanan di pasar terapung. (Foto: Pixabay/12019)

PASAR apung (floating market) bisa jadi pilihan tempat wisata kamu saat liburan. Di sana, kamu bakal menemukan suasana berbeda dengan pasar-pasar tradisional yang biasa di daratan. Mengapung di air, baik penjual atau kamu sebagai pembeli, akan membuat jalan-jalan kamu berkesan.

Di Indonesia, ada banyak pasar apung tradisional seperti di Pulau Kalimantan. Masyarakat melakukan transaksi jual-beli di atas perahu di sungai-sungai yang besar. Pasar terapung tradisional terkenal di Kalimantan di antaranya pasar terapung Lok Baintan dan pasar terapung di Sungai Barito.

Selain pasar-pasar terapung tradisional, saat ini ada juga floating market buatan yang khusus dibangun sebagai tempat berwisata kuliner. Nah, berikut ini merahputih.com sajikan pasar terapung terkenal yang bisa menjadi pilihan berwisata kamu bersama keluarga.


1. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang. (Foto: instagram.com/siscahomma09)
Floating Market Lembang. (Foto: instagram.com/siscahomma09)

Floating Market Lembang sangat terkenal sebagai tempat berwisata kuliner tradisional di Bandung. Para penyuka jajanan bisa berkeliling danau yang terdapat perahu-perahu pedagang. Di sini transaksi jual beli dilakukan dengan koin yang sebelumnya dapat ditukar di loket.

Selain pasar terapung, Floating Market Lembang juga cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Ada banyak wahana seperti berburu spot-spot instagrammable dan naik perahu.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Wisata Kelam, Destinasi dengan Sejarah yang Mematikan nan Mengerikan

2. Pasar Ahpoong

Pasar Ahpoong. (Foto: instagram.com/ish_pr)
Pasar Ahpoong. (Foto: instagram.com/ish_pr)

Pasar Ahpoong atau dengan ejaan "Pasar Apung" terletak di Sentul, Bogor. Pasar ini tempat yang cocok buat kamu yang ingin berkuliner ria dengan menu lokal. Selain sebagai tempat kuliner, Ahpoong juga punya pemandangan keren Sungai Cikeas dan suasana pegunungan.

Kamu bersama keluarga juga bisa mencoba banyak wahana. Mulai dari kegiatan olahraga seperti airsoft, wahana permainan anak, dan wahanan permainan air.


3. Pasar Apung Nusantara

Pasar Apung Nusantara. (Foto: instagram.com/guidemalang)
Pasar Apung Nusantara. (Foto: instagram.com/guidemalang)

Pasar Apung Nusantara berada di dalam kawasan Museum Angkut. Dari Kota Malang kamu tinggal menuju bukit Bukit Paralayang, Kota Batu. Letak pasar terapung tepat berada di depan area parkir Museum Angkut.

Di Pasar Apung Nusantara, kamu bakal dimanjakan dengan berbagai makanan khas tanah air. Para pedagang menggunakan perahu untuk berjualan di atas sungai. Nah, kamu bisa menyusuri sungai untuk mencari makanan-minuman yang kamu suka.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pengin Kuliner Malam di Ibu Kota? Nasi Uduk Pasar Thomas Pas Kamu Singgahi

4. Pasar Siring Pierre Tendean

Pasar Siring Pierre Tendean. (Foto: instagram.com/ariya9494)
Pasar Siring Pierre Tendean. (Foto: instagram.com/ariya9494)

Pasar Siring Pierre Tendean wajib kamu datangi ketika berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar ini surga kuliner tepat di atas Sungai Martapura, tepatnya di Siring, Jalan Pierre Tendean.

Pasar Siring Pierre Tendean menyediakan kebutuhan sehari-hari, hasil bumi, dan lainnya seperti pada pasar tradisonal pada umumnya. Hal yang membedakan yaitu para pedagang berdagang di atas perahu mereka masing-masing. Tak lupa, kamu juga bisa berburu kuliner di pasar terapung ini.

5. Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Terapung Muara Kuin. (Foto: instagram.com/agus__clothing)
Pasar Terapung Muara Kuin. (Foto: instagram.com/agus__clothing)

Pasar Terapung Muara Kuin atau Pasar Terapung Sungai Barito juta berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Seperti halnya pasar tradisional, di sini tersedia kebutuhan pokok, buah-buahan, sayuran, ikan, hingga peralatan rumah tangga.

Di Pasar Terapung Muara Kuin pas untuk berburu kuliner tradisional. Ada tempat makan terapung yang sengaja dijakan di atas jukung atau perahu dalam bahasa Banjar. (*)

(*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Gunung Pelangi, Destinasi Impian Semua Orang seperti di Negeri Dongeng

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy