Image
Author by : Xperia Z3+ tampak serupa dengan Xperia Z3. (Foto: Sony)

 Sony sudah merilis kemunculan Xperia Z4 di Jepang. Generasi terbaru Xperia Z ini sudah menampakan wujudnya di situs sony.co.jp pada Senin (20/4).

Sama seperti yang sudah kita perkirakan, Xperia Z4 tampak serupa dengan Xperia Z3. Tetap mengusung layar 5,2 inci, bingkai berbahan logam, dukungan audio hi-res, dan lensa wide angle 25mm.

Mungkin yang membedakannya hanya tubuhnya yang terlihat lebih tipis dan lebih ringan. Sementara pembaruan pada kamera lebih terfokus pada kamera depan yang kini memiliki lensa wide angle, serta digital image stabilization.

Pembaruan ini nampaknya lebih berfokus pada penggunaan selfie, yang kita ketahui sedang menjadi tren di banyak belahan dunia. Hal yang sama juga sebelumnya telah dilakukan beberapa produsen ponsel asal Tiongkok.

Sony juga menambahkan timer function agar anda tidak perlu menekan layar untuk menangkap gambar. Akan memberi anda waktu untuk berpose ketika ingin selfie bersama teman tanpa menggunakan tongkat selfie.

Sony Xperia Z4 akan resmi diluncurkan pada musim panas di Jepang, yaitu pada bulan Juni. Xperia Z4 akan hadir dalam empat pilihan nuansa logam.

Image
Author by : Foto: Xperia Blog

Sony Xperia Z4 sudah rilis di Jepang. Banyak publik Jepang kini sudah memilikinya. Di antara mereka, juga banyak yang menggemari Subaru Impresa, mobil balap WRC keluaran Subaru. Kini ada kabar bahwa segera dirilis bumper case Subaru Impresa khusus untuk Xperia Z4.

Produsen bumper case itu adalah Deff. Mereka mengumumkan rencananya memproduksi bumper case Subaru Impresa khuuss untuk Xperia Z4 belum lama ini, seperti dikutip dari blog Xperia. Kabarnya bumper case itu akan terbuat dari bahan premium.

Dalam blog Xperia itu dijelaskan bahwa Deff akan mengawinkan bahan karbon dan aluminium dalam pembuatan bumper case Subaru Impresa itu. Nantinya serat karbon itu akan dilapisi dengan aluminium berwarna khas Subaru, yaitu Rally Blue. Deff menyebutnya sebagai Subaru Hybrid Bumper.

Warna Rally Blue merupakan warna khas Subaru Impresa di ajang balap WRC. Selain memberikan warna khas Subarum Deff juga akan menyematkan logo cetakan Subaru pada sisi bumper case, lengkap dengan aksen bintang khas Subaru.

Untuk memasang bumper case ini juga tidak membutuhkan alat khusus, karena Deff menggunakan ‘quick lock’ pada case ini, memungkinkannya dengan mudah dilepas-pasang dengan cepat.

Deff berencana untuk merilis bumper case Subaru Impresa untuk Xperia Z4 ini pada yanggal 15 Juni 2015. Namun sayannya, Deff hanya memasarkan bumper case ini di Jepang saja.

Image
Author by : Sony Xperia Z3+ kerap mengalami panas berlebih karena menggunakan Snapdragon 810. (Foto: Sony )

Sudah santer terdengar bahwa Xperia Z3+ kerap mengalami panas berlebih karena menggunakan chip Snapdragon 810. Menanggapi masalah ini, Sony beberapa waktu lalu merilis pembaruan firmwire untuk anak barunya ini, namun nyatanya tetap tidak mampu atasi panas berlebih.

Sejak dulu memang kamera ponsel Xperia akan berhenti bekerja ketika ponsel terlalu panas. Karena masalah ini, penggunaan kamera Xperia Z3+ tidak bisa terlalu lama, bahkan di bawah semenit sudah tertutup secara otomatis.

Masalah ini lah yang kemudian juga menjadi fokus utama dalam pembaruan firmwire Xperia Z3+. Firmwire versi 28.0.A.7.24 ini harus dilakukan menggunakan PC Companion. Selain mengatasi masalah kamera, Sony juga menjanjikan peningkatan stabilitas dan meningkatkan rotasi layar otomatis.

Sayangnya, ternyata pembaruan ini tidak terlalu berpengaruh pada kamera. Jangka waktu pakainya hanya bertambah beberapa detik saja. Pembaruan ini pun terasa tidak begitu berpengaruh bagi Xperia Z3+, seakan tidak menerima pembaruan sama sekali.

Image
Author by : Sony Xperia Z3+. (Foto: Fonarena)

Setelah resmi merilis Xperia Z3+ bulan lalu, Jumat (26/6) Sony mengumumkan bahwa minggu ini mereka akan merilis ponsel terbarunya itu secara globalSony sudah mengirim undangan pers untuk sebuah event di India jumat lalu.

Banyak yang berharap undangan itu adalah sebagai undangan resmi peluncuran Xperia Z3+ secara global. Xperia Z3+ kabarnya akan membawa layar Trimulos 5,2 inci (1920X1080 piksel) dan tentunya menggunakan chip Snapdragon 810 yang bermasalah pada panas berlebih itu.

Xperia Z3+ yang hanya setebal 6,9 mm ini akan menggunakan Android 5.0 Lollipop. seperti dikutip dari Fonarena, ponsel dual SIM ini akan tetap mengusung Omni Design dengan kaca di bagian belakangnya dan bingkai aluminium yang elegan.

Kamera belakangnya yang beresolusi 20,7MP ini menggunakan sensor Sony Exmor RS dengan nilai bukaan lensa 1/2,3. Dengan mesin pengolah gambar BIONZ, Xperia Z3+ mampu merekam gambar beresolusi 4K.

Untuk mendukung selfie yang baik, Xperia Z3+ menggunakan sensor Exmor R beresolusi 5,1MP pada kamera depannya. Kamera depan ini juga mampu merekam gambar dengan resolusi 1080p dan gambarnya juga tidak akan shaking karena menggunakan stabilisasi gambar digital.

Seperti Xperia Z lainnya, Xperia Z3+ memiliki sertifikasi IPX5 / IPX8 yang membuatnya tahan terhadap debu dan tekanan air, termasuk pada konektor USBnya. Ponsel ini juga mendukunh kompresi audio codec LDAC.

Xperia Z3+ akan membawa RAM sebesar 3GB dan penyompanan internal sebesar 32GB. Ponsel yang membawa baterai berkapasitas 2930mAh ini kabarnya dapat menggunakan MicroSD yang mendukung hingga 128GB.