Desak Pasang Wifi Tiap RT, Fraksi PAN: Pemprov DKI Jangan Berdalih enggak Bisa Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani bersama Anggota Komisi A, Lukmanul Hakim. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani bersama Anggota Komisi A, Lukmanul Hakim, mengecek pengadaan wifi internet gratis bagi siswa yang bermukim di Kampung Kumuh RT06/RW04, Kosambi, Jakarta Barat.

Dalam pengecekan itu, Zita mendesak pemerintah pusat dan Pemprov DKI untuk membuka mata dalam dunia pendidikan saat ini di tengah pandemi corona. Sebab, banyak masyarakat yang tidak memiliki uang untuk membeli internet dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) siswa sekolah melalui online atau daring.

Baca Juga

Satpol PP DKI Raup Rp 2,47 Miliar dari Pelanggar PSBB Transisi

Menurut dia, banyak cara untuk mendidik anak-anak di situasi pandemi sekarang ini. Contohnya, bisa menerjukan guru pendidik di setiap RT agar siswa belajar. Lanjutnya, bila tak ada pengawasan dari pemerintah anak-anak banyak mainnya dibandingkan belajar.

"Karena sekolah tutup, datangkan guru ke anak-anak. Sediakan Wifi gratis satu RT, satu hotspot, kan bisa," ucap Zita di lokasi, Rabu (5/8).

Zita menuturkan, Pemda DKI tidak punya alasan untuk tidak menyediakan internet yang dipakai cuma-cuma oleh para pelajar, sedangkan anggaran APBD yang dimiliki Pemprov DKI cukup besar.

"Kita fraksi PAN udah ngasih contoh jadi jangan lagu berdalih bilang gak bisa (pasang Wifi). Pemprov DKI APBD nya gede, bisa 1 RT 1," paparnya.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. (Foto: MP/Asropih)
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. (Foto: MP/Asropih)

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI juga, ucap Zita, tak tinggal diam dengan kondisi saat ini. Harusnya Diskominfotik bisa melacak di wilayah mana yang belum memikili akses internet. Di sanalah peran pemerintah harus tumbuh memasang internet.

"Kan ada Diskominfotik, itu tau lho RT mana yang gak ada internet, itu aja udah info berharga," papar dia.

Lukmanul Hakim di Daerah Pemilihan (Dapilnya) sudah memasang sebanyak 7 Wifi internet gratis bagi siswa belajar daring, diantaranya Duri Kosambi RT04/RW06, RT05/RW06, RW014/RT02, RW01/RT02; Kamal RW09/RT09; Semanan RW01/RT01/, Posko Lukman Hakim; Duri Kosambi, RT06/RW01

Baca Juga

Buntut Video Viral Anji, Masyarakat Diminta Tak Asal Percaya Obat COVID-19

Politikus FAN ini juga menyarankan pemerintah untuk memasang akses internet garati di fasilitas umum milik pemerintah. Salah satunya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

"Segera pasangkan akses internet dan juga buka kantor-kantor pemerintah, Kelurahan, RPTRA, lapangan-lapangan, kantor-kantor wajib sediakan wifi gratis untuk anak-anak sekolah. Jangan persulit yang miskin makin miskin," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH