Desainer Issey Miyake Tutup Usia Desainer Issey Miyake meninggal dunia pada usia 84 tahun setelah kanker hati yang diidapnya. (Unsplash/Waldermar Brandt)

BERITA duka datang dari dunia fesyen. Desainer Issey Miyake meninggal dunia. Dia meninggal dunia pada usia 84 tahun setelah kanker hati yang diidapnya. Melansir kantor berita Kyodo, Miyake meninggal pada 5 Agustus 2022 lalu.

Issey Miyake dikenal sebagai desainer dengan ciri khas gaya busana pleated (lipit) dan rapih. Dia juga juga dikenal karena turtleneck hitam yang jadi andalan sahabatnya, Steve Jobs, pendiri Apple.

Miyake yang tidak pernah bercita-cita sebagai desainer ini dikenal karena gaya busana yang praktis. Laman Reuters menyatakan bahwa sebenarnya Miyake ingin menjadi penari atau atlet, namun setelah ia membaca majalah mode milik saudarinya, pria yang lahir di Hirosima ini akhirnya banting setir untuk jadi seorang desainer.

Baca juga:

'Turtleneck' Dianggap Melambangkan Jenius dan Kreatif

desainer issey miyake
Dia juga juga dikenal karena turtleneck hitam yang jadi andalan sahabatnya, Steve Jobs, (Unsplash/Moses Janga)

Miyake sering dipertanyakan soal bom atom karena ia lahir di Hirosima. Namun dia tak mau membicarakan masalah itu kembali. Bahkan kepada Barack Obama tahun 2009 lalu, ia mengatakan bahwa tidak ingin dicap sebagai "perancang yang selamat dari bom".

"Saat memejamkan mata, aku masih melihat hal-hal yang tidak seharusnya dialami oleh siapa pun," kata Miyake dalam suratnya. Ibunya meninggal tiga tahun setelah terpapar radiasi bom atom.

Miyake mencurahkan perhatiannya pada dunia fesyen untuk melupakan hal-hal buruk yang pernah dialaminya selama di Hiroshima. Setelah belajar desain grafis di Universitas Seni Tokyo, Miyake belajar desain pakaian di Paris. Ia bekerja dengan perancang busana terkenal Guy Laroche dan Hubert de Givenchy, sebelum menuju ke New York.

Pada tahun 1970 Miyake kembali ke Tokyo dan mendirikan Miyake Design Studio. Miyake berpartisipasi pada TORAY KNIT EXHIBITION untuk mempresentasikan karya busana yang bisa dipadu padankan untuk banyak kegiatan.

Pada akhir 1980-an, ia mengembangkan cara baru untuk melipat dengan membungkus kain di antara lapisan kertas dan memasukkannya ke dalam mesin press panas, dengan pakaian yang mempertahankan bentuk lipatannya. Diuji untuk kebebasan bergerak mereka pada penari, ini mengarah pada pengembangan gaya busana khasnya "Pleats, Please".

Baca juga:

Cara Stylish Pakai Batik

desainer issey miyake
Miyake sering dipertanyakan soal bom atom karena ia lahir di Hirosima. (Unsplash/Rap Dela Rea)

Berbeda dari desainer lain, Miyake punya ketertarikan pada teknologi dan bagaimana dunia bisa berubah karena adanya teknologi yang hadir. Oleh karena itu, ia mengimplementasikan teknologi ke dalam desainnya, seperti menenun dengan teknologi komputer.

Ia mencoba mencari cara bagaimana metode tradisional bisa merespons kebutuhan di zaman modern. Dunia mulai mengakuinya ketika Miyake berhasil mengubah suatu hal yang terlihat kuno menjadi bernilai artistik tinggi, seperti sashiko embroidery dan leg-guard gaiters.

Ia mengembangkan lebih dari selusin lini mode mulai dari Issey Miyake--utamanya untuk pria dan wanita--, tas, jam tangan, dan wewangian sebelum pada akhirnya pensiun pada 1997 untuk mengabdikan dirinya pada penelitian. Sepanjang 1977-2019, banyak sekali penghargaan yang ia raih sebagai desainer yang jenius dan luar biasa.

Karya-karya Issey Miyake yang kreatif hingga kini masih menjadi perhatian dunia. Dalam setiap karyanya, ia mempertimbangkan kebutuhan masyarakat, zaman dan juga lingkungan. Selamat jalan, Issey Miyake. (dgs)

Baca juga:

Jennifer Lopez Rancang Tas 'The Hutton Bag' untuk Coach

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ban Serep Mobil, Sering Terlupakan tapi Penting
Fun
Ban Serep Mobil, Sering Terlupakan tapi Penting

Ban serep siap membantu kamu di keadaan darurat.

Berlibur Bersama Keluarga, Banyak Manfaatnya
Fun
Berlibur Bersama Keluarga, Banyak Manfaatnya

Berlibur bersama keluarga dapat membuat hidup lebih seimbang.

Kota Semarang sudah Ada Sejak Abad 8
Fun
Kota Semarang sudah Ada Sejak Abad 8

Merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno.

‘Shadows Return’, Musim Terbaru Call of Duty: Mobile
ShowBiz
‘Shadows Return’, Musim Terbaru Call of Duty: Mobile

Shadows Return memungkinkan para pemain melihat mode baru di Call of Duty: Mobile.

Modernisasi Pesat Dorong Kebangkitan Perbankan Digital di Indonesia
Fun
Modernisasi Pesat Dorong Kebangkitan Perbankan Digital di Indonesia

Perbankan digital permudah kebutuhan masyarakat.

Cegah Kanker Prostat Sejak Dini agar Peluang Sembuh Besar
Fun
Cegah Kanker Prostat Sejak Dini agar Peluang Sembuh Besar

Kanker prostat mengincar setiap pria.

TikTok Perbarui Algoritma Konten
Fun
TikTok Perbarui Algoritma Konten

TikTok merancang sistem rekomendasi dengan mengutamakan keamanan.

Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2023, Fabio Quartararo Pindah?
Fun
Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2023, Fabio Quartararo Pindah?

Quartararo minta gaji fantastis dan paket motor kompetitif.

Tablet Lenovo 10w Jadi Alternatif untuk Chromebook Duet
Fun