Desainer Hian Tjen Buat APD untuk Lawan Virus Corona APD produksi Hian Tjen (Foto: Instagram/@hiantjen)

MASALAH pandemi virus corona baru atau COVID-19 hingga kini memang belum ada titik terang. Namun di balik itu semua, ada hal positif tercipta. Banyak uluran tangan dari orang yang berempati untuk membantu melawan COVID-19.

Misalnya desainer Hian Tjen, yang mempelopori Alat Perlindungan Diri (APD) berupa jubah medis, medical gown yang disumbangkan lewat lembaga swadaya masyarakat (LSM) Project Indonesia dan disalurkan ke para petugas medis di seluruh Indonesia.

Baca juga:

Cek Faktanya! Benarkah Sinar Matahari Bunuh COVID-19?

"Ini kita bantu sebisa kita. Sebagai warga negara itu kewajiban kita. Kita bisanya menjahit ya kita kasih itu saja," kata Hian Tjen saat dihubungi ANTARA seperti dilansir dari Antaranews.com, Selasa (1/4).

Hian Tjen menjelaskan telah menggandeng sejumlah desainer ternama Indonesia untuk bergabung dalam proyek kemanuasiaan ini. Menariknya, saat itu Hian Tjen menegaskan tak ingin aksinya dibesar-besarkan.

Baca juga:

Mengenal ARDS yang Menyertai COVID-19

"Kita mulai produksi tanggal 26. Karyawan tanggal 25 kan sudah diliburin semua, jadi saya menghubungi sejumlah penjahit di Jakarta yang masih bersedia menjahit. Kita bikin APD semampunya. Kalau sehari mampu 30 buah yasudah itu," tuturnya.

Desainer yang sempat naik daun usai membuat gaun pengantin Chelsea Olivia tahun 2015 itu mengaku akan terus membuat APD, hingga pemerintah menyatakan Indonesia dalam kondisi kondusif.

"Cuma ini saja yang kita bisa lakukan, kami cuma bikin yang melakukan distribusi dan verifikasi Project Indonesia mengingat banyak sekali penipuan, yang tidak butuh APD mengaku-aku butuh," tutur pria lulusan Esmod Jakarta tahun 2003. (Yni)

Baca juga:

Cara Desainer Diana Rikasari Usir Bosan Saat #DiRumahAja



Muchammad Yani