Fashion
Desainer AS Memukau Paris dengan Rancangan Bertema Black Inventors Peragaan busana 'Wat U Iz' dengan selipan humor. (Foto: Manila Bulletin)

PENDIRI dan direktur kreatif Pyer Moss Kerby Jean-Raymond menjadi desainer kulit hitam Amerika pertama yang tampil di Paris Haute Couture Week dalam peragaan busana berjudul Wat U Iz.

Dalam acara yang berlangsung di luar mansion Villa Lewaro yang bersejarah di Irvington, New York ini, sang desainer menampilkan para model di atas panggung biru cerah dalam balutan busana spektakuler yang terinspirasi dari benda sehari-hari yang dibuat para black inventors.

Baca Juga:

Penampilan Eksentrik 'Cruella' Bisa Jadi Inspirasi Gaya Berpakaian

fashion
Koleksi yang terinspirasi dari para penemu berkulit hitam ini terdiri dari pakaian seni tinggi. (Foto: townnews.com)

Koleksi yang terinspirasi dari para penemu berkulit hitam ini terdiri dari pakaian seni tinggi dan dibuat dengan cermat berdasarkan barang-barang yang dapat dikenali, termasuk sepeda, lampu lalu lintas, papan catur, tangga darurat, Super Soaker, kulkas, dan pel.

Mantan ketua Partai Black Panther Elaine Brown berbicara sebelum pertunjukan, yang juga menampilkan penampilan dari rapper Brooklyn 22Gz dan string orkestra secara langsung.

Pemilihan lokasi peragaan busana juga memiliki cerita. Mansion bergaya Italia dengan 34 kamar yang indah ini pernah menjadi rumah bagi pengusaha dan aktivis kulit hitam Madam C.J. Walker, yang dianggap sebagai wiraswasta perempuan jutawan pertama di Amerika. Lahir dari orangtua yang sebelumnya menjadi budak, Walker membangun bisnis kecantikan dari satu produk perawatan rambut untuk perempuan kulit hitam.

Peragaan busana Wat U Iz adalah pelajaran sejarah yang disemat dengan humor Pop Art, dari siluet stoples kacang dan ponsel hingga rangkaian rol rambut yang ditata seperti wig abad ke-18. Itu juga menunjukkan kecerdikan orang kulit hitam, sesuatu yang "tidak pernah kekurangan," kata Jean-Raymond dalam sebuah wawancara video setelah pertunjukan yang diberitakan cnn.com (13/7).

Baca Juga:

Absen 53 Tahun, Balenciaga Kembali Hadir di Haute Couture

fashion
Gaun yang terinspirasi oleh pengeriting rambut dan stang sepeda. (Foto: townnews.com)

Kerby Jean-Raymond mengulik ide tentang fesyen Amerika dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. "Namun, seringkali di antara komunitas sendiri, kami sering mencaci dan meremehkan orang yang menghasilkan uang di bidang mereka masing-masing," tambahnya.

"Hal itu terjadi sedemikian rupa sehingga kami telah belajar untuk meremehkan pekerjaan kami dan meremehkan waktu kami. Saya mencoba membalik narasi itu, karena saya mengerti bahwa narasi itu adalah jebakan," Jean-Raymond menambahkan.

Sejak Pyer Moss menjadi andalan pekan mode pada tahun 2015, koleksi pakaian laki-laki dan perempuan apik label tersebut yang memadukan street style dan high fashion, telah dikenakan oleh tokoh-tokoh terkenal dari Colin Kaepernick dan Zendaya hingga Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Berbicara tentang penampilan bersejarahnya pada jadwal Paris Haute Couture Week, Jean-Raymond mengatakan dia tidak menganggap enteng tanggung jawab, "Saya ingin menggunakan panggung untuk berbagi dengan orang kulit hitam Amerika lain yang menginspirasi saya, dan orang kulit hitam yang menginspirasi saya. Jadi saya memilih untuk menjadikan koleksi ini sebagai sorotan utama, dengan cara, dari banyak hal yang telah kami sumbangkan untuk masyarakat secara luas.”

Kemakmuran Orang Kulit Hitam

fashion
Kerby Jean-Raymond mengulik ide tentang fesyen Amerika dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. (Foto: highsnobiety.com)

Untuk pertunjukan terbarunya ini, Jean-Raymond harus mendefinisikan apa arti couture bagi Pyer Moss, label yang mengandalkan penjualan langsung ke konsumen untuk 70 persen bisnisnya.

"Sering kali ketika kami melakukan runway, kami terus-menerus memadukan ide-ide yang sangat konseptual ini dengan komersial -- dengan apa yang akan dipikirkan konsumen. Siapa yang akan membeli ini? Tapi ... ini seperti, 'Ayo lakukan apa saja yang kita mau'," ujarnya.

Jean-Raymond dan timnya mendasarkan koleksi kali ini pada penelitian ke dalam arsip penemuan Perpustakaan Kongres AS. Menghadapi daftar black inventors itu membuatnya marasa penuh syukur, katanya. "Saya benar-benar terkejut. Saya bangga menjadi sangat berpengetahuan tentang sejarah kulit hitam. Dan banyak hal yang saya tidak memiliki pengetahuan (sebelumnya)," dia menambahkan.

Pyer Moss bekerja dengan para pengerajin untuk menghidupkan objek, dan setiap tampilan dibuat dengan tangan. Beberapa, seperti triko lengan panjang putih yang dilengkapi dengan stang sepeda, membutuhkan waktu seminggu untuk membuatnya.

Lainnya, seperti gaun yang terinspirasi oleh pengeriting rambut dan tutup botol, membutuhkan waktu berbulan-bulan. Musim gugur ini, label tersebut berencana untuk mengadakan pameran tentang koleksi di real Madam C.J. Walker bersama dengan Nicola Vassell, yang tahun ini membuka galeri pertama milik orang kulit hitam di lingkungan Chelsea New York.

"Saya percaya bahwa kekayaan kulit hitam itu penting, dan saya ingin memamerkannya," tutup Jean-Raymond. (aru)

Baca Juga:

BTS Hadir Sebagai House Ambassador dalam Fashion Show Louis Vuitton

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ditemukan 59 Peti Mati Kuno Berumur 2.500 Tahun di Mesir
Fun
Ditemukan 59 Peti Mati Kuno Berumur 2.500 Tahun di Mesir

peti-peti mati kuno ini ditemukan di Kairo selatan di kuburan Saqqara.

Cara Tepat Merawat Alat Makeup
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Tepat Merawat Alat Makeup

Riasan jadi makin bagus.

Warner Bros Pertimbangkan Tunda Rilis Wonder Woman
ShowBiz
Warner Bros Pertimbangkan Tunda Rilis Wonder Woman

Pengunduran jadwal rilis mungkin hingga ke musim panas 2021.

Perusahaan Inggris Kembangkan Ponsel Pintar Antimikroba Pertama di Dunia
Fun
Perusahaan Inggris Kembangkan Ponsel Pintar Antimikroba Pertama di Dunia

Ponsel pintar ini menjadi yang terbersih di dunia.

Cegah Infeksi pada Miss V, Sebelum Terlambat
Fun
Cegah Infeksi pada Miss V, Sebelum Terlambat

Penyakit ini harus segera diobati agar tidak mengganggu keseimbangan fungsi reproduksi.

Tutorial Jadi Dokter Cinta di Tongkrongan Padahal Enggak Pernah Pacaran
Fun
Tutorial Jadi Dokter Cinta di Tongkrongan Padahal Enggak Pernah Pacaran

Enggak pernah pacaran bukan berarti enggak bisa kasih saran percintaan. Tapi jangan sotoy!

Empat Kitab Sakti Wajib Dimiliki Zaman Masih Ngilmu di Negeri Aing
Hiburan & Gaya Hidup
Cek Highlight Menarik 'The Show', Konser Virtual BLACKPINK
ShowBiz
Cek Highlight Menarik 'The Show', Konser Virtual BLACKPINK

The Show merupakan konser virtual pertama BLACKPINK.

Festival Film Sundance 2021 Hanya Berlangsung Seminggu
Fun
Festival Film Sundance 2021 Hanya Berlangsung Seminggu

Festival Film Sundance biasanya berlangsung selama 11 hari.

Titanic yang tidak Dapat Tenggelam Buatan Tiongkok
Travel
Titanic yang tidak Dapat Tenggelam Buatan Tiongkok

Kapal ini berukuran persis sama dengan aslinya.