Desainer Amy Atmanto: Konsep Busana Adat Jokowi Sangat Matang Perancang busana Amy Atmanto. (Foto: Instagram/@amy_atmanto)

PRESIDEN Republik Indonesia yang satu ini memang unik. Sungguh di luar dugaan, selama dua hari berturut-turut pada pekan lalu, Presiden Joko Widodo tampil di acara kenegaraan dengan mengenakan baju adat dari daerah berbeda.

Sesuai dengan karakternya yang rendah hati, busana adat yang dikenakannya pun tidak berlebihan. Begitu pula dengan gesture atau gerak tubuhnya. Sebagaimana diakui oleh perancang busana Amy Atmanto, kesederhanaan terpancar pula dari gaya berbusana Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

"Menilik sedikit tampilan Presiden saat mengenakan busana Bugis di sidang MPR, berupa jas tutup yang disebut juga baju Bela Dada, dan busana adat Banjar dengan tenun Pagatan dari Desa Tanah Bumbu saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia (belum lama ini). Dari pilihan model yang beliau kenakan, terlihat sangat simpel, pun relatif tidak terlalu mencolok warnanya," terang perancang busana Amy Atmanto kepada merahputih.com.

Busana daerah yang dipakai Jokowi juga bergaris simpel, tanpa aksesori berlebih, serta senantiasa menghadirkan warna merah putih. Penggunaan warna merah putih pada busana adat yang dikenakan Jokowi jelas ada kaitannya dengan lambang kebesaran negara Republik Indonesia.

"Jadi gak cuma sekadar mengenakan pakaian daerah, tetapi ada maksud dan tujuan yang ingin beliau sampaikan dari busana yang beliau kenakan," tambah Amy.

Busana Ibu Negara

Senada dengan Presiden, busana yang dipakai Ibu Negara juga mencerminkan kesederhanaan penggunanya. "Busana Ibu Iriana lebih menampilkan kesederhanaan dan keanggunan seorang ibu. Saat mengenakan busana Bali di gedung MPR pun beliau tampil dengan selendang ikat pinggang (bulang pasang) berwarna prada merah putih," papar perancang busana yang gemar melakukan kegiatan sosial itu.

Dalam adat Bali, busana Ibu Negara ini memiliki makna filosofis agar wanita dapat mengendalikan tingkah lakunya dari segala keburukan. Tak lupa, Amy menyampaikan pula kekagumannya pada karakter sang presiden. "Presiden Jokowi itu memang super humble, ya," ujarnya.

Amy menilai gaya berbusana adat ala Presiden dan Ibu Negara terkonsep matang sehingga mampu menggambarkan dengan jelas kebinekaan Indonesia. Kemudian juga mengandung ajakan agar bangsa Indonesia tetap bersatu dalam naungan NKRI. (*)

Perancang busana Amy Atmanto telah banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan kebaya di Tanah Air. Simak beritanya pada artikel Kebaya Pada Masa Kolonial Dan Merdeka.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH