Desain Terbaru Kursi Pesawat "Social Distancing", Normal Baru Usai Pandemi COVID-19 (Foto: runawaygirlnetwork)

PANDEMI COVID-19 telah mempengaruhi semua aspek kehidupan, salah satunya industri penerbangan. Jika pandemi mulai mereda, besar kemungkinan akan ada perubahan signifikan atau normal baru tentang standar keamanan baru dari pesawat terbang.

Perusahaan manufaktur interior pesawat asal Italia, Aviointeroirs merilis desain khusus bagi penumpang pasca-COVID19.

Desain itu semula dijadwalkan akan diluncurkan di Aircraft Interiors Expo tahun ini di Hamburg, namun dibatalkan karena pandemi. Meski begitu, Aircraft Interiors tetap melakukan bagiannya untuk menunjukkan ide-ide mereka secara online.

Baca juga:

Tips Menghilangkan Aviophobia, Rasa Takut Naik Pesawat

1
Rencana awal akan diluncurkan di Aircraft Interiors Expo (Foto: runawaygirlnetwork)

Yang pertama konsep tempat duduk baru disebut "Janus," diambil dari nama dewa Romawi berwajah dua. Denah tempat duduk Janus berupa kursi dua-muka. Bagian kursi tengah diputar untuk menghadap ke bagian belakang pesawat dan perisai transparan mengelilingi sekitar kursi memastikan tiap penumpang terisolasi maksimal meski duduk berdekatan.

Dengan perisai sampul dan pengaturan tempat duduk, setiap penumpang akan memiliki ruang pribadi yang terlindungi dari penumpang yang duduk di kursi lorong, bahkan juga dari lalu lalang orang di lorong kabin.

Desain kursi lainnya yang diusulkan oleh Aviointeriors disebut "Glassafe". Bentuknya mirirp dengan kepompong transparan, menempel pada bagian atas kursi pesawat. Gelembung dapat terpasang berfungsi menciptakan ruang isolasi di sekitar penumpang untuk menghindari atau meminimalkan kontak dan interaksi melalui udara antara penumpang dan penumpang.

Baca juga:

Ini Alasan Mengapa Mayoritas Pesawat Berwarna Putih

2
Bentuknya yang mirirp dengan kepompong transparan (Foto: simpleflying)

Perlu persetujuan dari pemerintah dan regulator sebelum benar-benar mulai digunakan di kabin pesawat komersial.

Kedua produk telah dipatenkan dan pihak Aviointeriors mengatakan mereka siap untuk memproduksi.

Melakukan perjalanan secara keseluruhan mungkin akan berbeda dalam beberapa bulan mendatang. Hotel-hotel juga mulai melembagakan protokol baru dalam hal membersihkan dan mendisinfeksi kamar atau ruang publik. (lgi)

Baca juga:

Etika Saat Menjadi Penumpang Pesawat

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH