Teknologi

Desain Masih Sama, Intip Spesifikasi iPhone SE 2022

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 11 Maret 2022
Desain Masih Sama, Intip Spesifikasi iPhone SE 2022
iPhone SE 2022 hadir dalam tiga varian warna. (Foto: Apple)

PENANTIAN para pencinta produk Apple akhirnya kini terjawab setelah iPhone SE 2022 diumumkan pada Apple Event melalui kanal YouTube resmi Apple, Rabu (9/3). Layaknya peluncuran produk-produk Apple sebelumnya, terdapat banyak spekulasi dan prediksi bocoran terhadap produk Apple yang beredar di internet. Namun setelah iPhone SE generasi ketiga resmi diumumkan, prediksi bocoran tersebut meleset.

Salah satunya yakni desain yang tak mengalami perubahan dari generasi sebelumnya, iPhone SE 2020. Meski masih mengusung konsep desain yang sama persis, harga jual iPhone SE terbaru lebih tinggi dari perkiraan orang-orang.

Baca juga:

Dari iPhone 13 Pro Warna Hijau hingga M1 Ultra, Simak Rangkuman Apple Event 2022

Desain Masih Sama, Begini Spesifikasi iPhone SE 2022
iPhone SE generasi ketiga warna hitam. (Foto: Apple)

Penyebab naiknya harga tersebut tentu disebabkan oleh sejumlah pembaruan yang disematkan Apple. Seperti adanya dukungan jaringan 5G hingga 'jeroan' yang lebih baru dan mutakhir. Sebelumnya diprediksi, iPhone SE 2022 bakal memiliki bentuk yang mirip dengan iPhone XR.

Padahal seperti yang telah diumumkan Apple, iPhone SE generasi ketigga menggunakan layar retina berukuran 4,7 inci dengan bezel bagian atas dan bawah yang masih tebal seperti versi pendahulunya. Keempat sudutnya tampak membulat, mirip seri iPhone SE sebelumnyaa.

Selain itu, masih terdapat pula tombol fisik 'home button' pada bagian bezel bawah dengan sistem keamanan biometrik Touch ID yang diklaim lebih responsif. Kemudian, sistem keamanan pada iPhone SE 2022 bahkan lebih lengkap berkat disematkannya fitur Face ID seperti yang terdapat pada seri iPhone X ke atas.

Pada sektor kamera, iPhone SE 2022 dilengkapi dengan satu kamera belakang beresolusi 12 MP dan satu kamera depan beresolusi 7 MP. Terdengar sederhana memang, namun Apple mengklaim iPhone SE 2022 mampu mengambil gambar dengan kualitas baik bekrat fitur Deep Fusion dan Smart HDR 4.

Baca juga:

Kamera Vivo X70 Pro Lampaui iPhone 13 di DxOMark

Desain Masih Sama, Begini Spesifikasi iPhone SE 2022
iPhone SE 2022 dilengkapi fitur Applee teranyar. (Foto: Apple)

Untuk dapur pacu, Apple menyematkan chipset terbaru Apple yaitu A15 bionic yang juga terdapat pada iPhone 13. Chipset tersebut diklaim mampu bekerja hingga 50 persen lebih cepat dari ponsel milik kompetitor.

iPhone SE 2022 juga sudah mendukung jaringan sub-6GHz 5G, bahkan memiliki fitur Smart Data yaitu fitur yang mampu membuat ponsel beralih ke jarigan 4G dan ke 5G secara otomatis, tergantung dari kecepatan konektivitas yang dibutuhkan.

Sementara untuk software, Apple menggunakan sistem operasi terbaru yaitu iOS 15 dengan daya tahan baterai yang diklaim bisa lebih awet meski Apple tidak menyebutkan berapa besaran kapasitas baterainya.

iPhone SE 2022 hadir dalam tiga varian warna yaitu merah, hitam, dan putih. Adapun pintu pemesanan baru akan dibuka mulai 18 Maret 2022 mendatang dengan banderol harga mulai dari USD 429 atau sekitar Rp 6,1 juta untuk kapasitas penyimpanan 64 GB. (waf)

Baca juga:

Bisa! Cut, Copy, dan Paste antara iPhone dan Perangkat iOS Lainnya

#Teknologi #IPhone #Apple
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan