Desain Cybertruck Milik Tesla Berubah

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 26 Januari 2022
Desain Cybertruck Milik Tesla Berubah
Cybertruck merupakan pikap listrik futuristik yang diumumkan Tesla pada 2019. (Foto: Cybertruck Owners Club)

BERITA Cybertruck Tesla cukup lambat sejak penundaan produksi terungkap. Namun baru-baru ini ada bocoran foto dari truk listrik tersebut yang menunjukkan bahwa ada sedikit perubahan di beberapa bagian. Cybertruck merupakan pikap listrik futuristik yang diumumkan Tesla pada 2019. Mobil ini lebih mirip mobil konsep atau kereta bulan daripada truk sungguhan. Tetapi Elon Musk selaku CEO Tesla terus mendorong maju rencana untuk memproduksi tangki pikap yang tampak sangat mustahil ini.

Menurut laman Electrek, Tesla memutuskan bahwa truk listriknya tidak akan meniru desain truk pikap yang sudah ada. Cybertruck menggunakan lembaran baja canai dingin yang tebal agar tahan lama. Sayangnya, logam ini sangat kuat sehingga proses pembengkokan merupakan proses yang memberatkan. Solusinya adalah dengan menggunakan panel datar, yang menghasilkan tampilan Cybertruck yang ikonik dan bersudut.

Baca juga:

Tesla Bikin ATV Cyberquad untuk Anak-Anak

Sebuah foto yang baru-baru ini bocor yang diposting di forum Klub Pemilik Cybertruck oleh BahamaTodd, mengungkapkan desain terbaru dari Cybertruck. Tampilan keseluruhan memang tidak berubah dan tetap terlihat seperti monster baja mencolok yang sama seperti sebelumnya. Tetapi jika dilihat lebih dekat, ada beberapa perbedaan penting yang menceritakan kisah desain yang lebih matang dan semakin dekat untuk menjadi legal jalanan.

Versi sebelumnya memiliki penutup pada pelek. (Foto: Electrek)
Versi sebelumnya memiliki penutup pada pelek. (Foto: Electrek)

Perubahan yang pertama adalah kaca spion samping. Sempat ada diskusi tentang kemungkinan mengganti cermin dengan kamera dan itu mungkin masih terjadi, tetapi persetujuan peraturan lebih memungkinkan menggunakan cermin sehingga ini bisa menjadi konsesi desain stop-gap untuk membuatnya siap produksi. Lalu yang kedua pada bagian sudut dari front-end telah dikoreksi, yang menunjukkan tepi datar jika terjadi tabrakan bukan sedikit kemiringan ke depan dari prototipe sebelumnya. Akhirnya, profil vertikal mendistribusikan gaya secara lebih merata dan ini hal penting untuk kecelakaan yang tidak menguntungkan.

Baca juga:

Tesla Raih Pencapaian Mengejutkan di 2020

Sekarang bodi pada bagian depan di ratakan. (Foto: Cybertruck Owners Club)
Sekarang bodi pada bagian depan di ratakan. (Foto: Cybertruck Owners Club)

Cybertruck tetap menjadi truk yang sangat futuristik, yang tampil lebih seperti kereta ruang angkasa daripada pickup. Foto prototipe terbaru menunjukkan mobil di dalam ruangan di lantai beton. Beberapa detail lebih menonjol dan truk tersebut ditampilkan tanpa penutup roda, yang artinya bahwa mereka akan dapat dilepas. Pelek dari truk tersebut sangat mirip dengan Tesla Model 3.

Foto tersebut juga menunjukkan bahwa desain wiper kaca depan terlihat tidak biasa. Satu bilah di tepi kiri sepertinya dapat memanjang dan memendek saat berputar untuk menutupi seluruh kaca depan. Lalu foto tersebut memperlihatkan tidak adanya gagang pintu, yang menunjukkan bahwa gagang pintu telah dilepas sepenuhnya dan panel pintu terlihat mulus. Jika desain tersebut benar, maka pintu perlu dibuka dengan smartphone atau panel sentuh. (frs)

Baca juga:

Game 'Sonic the Hedgehog' Hadir di Mobil Tesla

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan