Desain Bandara Internasional Yogyakarta Idaman Sultan Hamengku Buwono X Konsep Bandara Kulon Progo dengan akses kereta api. (Foto: YouTube)

MerahPutih.Com - Proses pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) tinggal menunggu waktu eksekusi. Sebagai penguasa wilayah, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menginginkan desain bandara menonjolkan unsur budaya yang ada di Yogyakarta.

"Harapannya yang sudah disepakati dijalankan, yakni potensi kebudayaan, sejarah, serta peradaban yang ada di Yogyakarta terungkap menjadi roh desain di setiap ruang," kata Sultan saat ditemui seusai melakukan pertemuan dengan Direksi Angkasa Pura (AP) I di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (8/2).

Sultan Hamengku Buwono X berharap bandara yang terletak di Kabupaten Kulon Progo itu memasukan unsur kebudayaan, sejarah, serta peradaban yang ada di Yogyakarta itu dapat diadopsi dalam desain ruang-ruang bandara dengan menggunakan teknologi kekinian.

"Sehingga tidak sekadar dipasangi lukisan atau gambar untuk mengisi ruang. Tetapi ada nilai filosofi untuk memberikan roh di setiap ruang. Jadi pas orang masuk bisa langsung lihat oh ada sejarah ini, ada tradisi ini," kata dia.

Menurut Sultan sebagaimana dilansir Antara, tradisi atau kearifan lokal masyarakat dari enam desa terdampak pembangunan Bandara NYIA juga bisa ditonjolkan di ruang-ruang bandara.

Sejalan dengan Sultan, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi juga memiliki pandangan agar desain Bandara Internasional di Kulon Progo tersebut tetap menggunakan kearifan lokal serta ciri khas atau ikon Yogyakarta.

"Kami meminta arahan Pak Gubernur terkait desain yang sudah kami siapkan, baik dari sisi interior maupun eksterior. Kami memang mengharapkan desain banadara ini tetap menggunakan kearifan lokal," kata Faik.

Menurut dia, pada April 2019 ditargetkan Bandara NYIA sudah bisa dioperasikan secara terbatas. Untuk tahap pembangunan, menurut Faik, runway diprioritaskan bisa diselesaikan lebih dahulu pada Desember 2018 atau maksimal Januari 2019.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH