Wisata Dunia
Desa Vors Hungaria Bangun Gua Natal Terbesar di Eropa Gua atau kandang Natal pertama dibuat pada tahun 1948 di gereja kuno yang berasal dari tahun 1720. (Foto: gmanews)

SEBUAH desa kecil bernama Vors di Hungaria memiliki tradisi lokal yang terus bertahan sejak pemerintahan Komunis. Setiap tahun, penduduknya membangun gua Natal besar di Gereja gaya barok mereka yang penuh hiasan.

“Ini tradisi yang luar biasa, penduduk setempat membangunnya, semuanya sebagai sukarelawan,” kata Wali Kota Tamas Deak seperti diberitakan Reuters. "Ini adalah upaya komunitas yang nyata dan semua orang melakukannya dengan senang hati dan dengan cinta," tambahnya.

Baca juga:

Tiga Film Baru Hangatkan Harimu Jelang Natal

Desa Vors Hungaria Bangun Gua Natal Terbesar di Eropa
Gua Natal besar itu dibangun di dalam Gereja gaya barok mereka yang penuh hiasan. (Foto: list23)

Karena pandemi, di 2020 tidak ada pengunjung yang diizinkan datang selain mereka yang mengikuti misa. Namun desa di dekat Danau Balaton yang berpenduduk sekitar 500 jiwa itu, mengharapkan ribuan wisatawan datang di 2021. Meski ada lonjakan kasus COVID-19, saat ini tidak ada tindakan kuncitara di Hongaria.

Gua atau kandang Natal pertama dibuat pada 1948 di gereja kuno yang telah berdiri sejak 1720. Seiring tradisi yang terus berlangsung, ukuran gua tersebut bertambah besar setiap tahun. Sekitar 20 tahun lalu, ukurannya seluas 60 meter persegi dan itu bertahan hingga saat ini. Dengan ukuran tersebut, menjadikannya gua ini salah satu yang terbesar di Eropa.

Penduduk setempat pertama-tama merakit struktur kayu besar sebagai pondasi untuk perbukitan dan lembah yang mengarah ke gua kelahiran. Kemudian mereka menambahkan figur mini, domba, bahkan api unggun kecil.

Gua atau kandang Natal biasanya memajang benda-benda yang mewakili peristiwa kelahiran Yesus. Selain menaruh patung dan membentuk semacam memorabilia peristiwa kelahiran tersebut, biasanya juga diadakan pertunjukan Natal dengan adegan yang menampilkan tokoh-tokoh seperti Yesus, Maria, dan Yusuf.

Ada juga karakter gembala, domba, dan malaikat yang ditampilkan di dekat palungan. Gua atau kandang yang dimaksudkan adalah tempat tinggal hewan ternak. Ada pula keledai dan lembu yang biasanya digambarkan dalam adegan bersama dengan orang Majus dan unta mereka. Banyak juga yang menyertakan representasi Bintang Betlehem.

Baca juga:

Sesuaikan dengan Sifat dan Kepribadian, ini 4 Ide Hadiah Natal

Desa Vors Hungaria Bangun Gua Natal Terbesar di Eropa
Gua atau kandang Natal biasanya memajang benda-benda yang mewakili peristiwa kelahiran Yesus. (Foto: adamtourtravel)

Adegan dan tradisi yang khas telah diciptakan di seluruh dunia, dan ditampilkan selama Natal di gereja, rumah, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat lain. Termasuk adegan kadang yang dibangun di lahan dan gedung-gedung publik.

Sementara itu, tampilan gua Natal di Vors juga sedikit berbeda setiap tahun. Namun satu hal yang tetap, gua itu harus sudah selesai untuk misa Minggu pertama dari periode Adven yang tahun ini jatuh pada Minggu (28/11).

Dengan dimulainya kalender Advent, tradisi Hongaria lain, yaitu matin, juga dimulai. Matin adalah Misa harian yang diadakan setiap fajar dari Minggu pertama Adven sampai hari pertama Natal dan disebut Misa Angelik atau Misa Emas.

Sebagian warga Hongaria adalah orang yang mencintai musik sehingga berbagai konser Natal pun diadakan di sekitar Ibu Kota Budapest dan kota-kota lain. Makanan Advent klasik di Hongaria adalah beigli, kerak gulung yang secara tradisional diisi dengan biji poppy atau kenari. (aru)

Baca juga:

Bosan dengan Dresscode Merah dan Hijau? Intip 3 OOTD Chic Edisi Natal

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
SM Entertainment Akhirnya Ambil Tindakan Tegas ke ‘Sasaeng’
ShowBiz
SM Entertainment Akhirnya Ambil Tindakan Tegas ke ‘Sasaeng’

Pada dasarnya mereka adalah seorang penguntit atau tipe orang yang melanggar privasi seseorang.

Dropbox Menambahkan Tools dan Fitur Baru
Fun
Dropbox Menambahkan Tools dan Fitur Baru

Dropbox meluncurkan fitur baru untuk kenyamanan pengguna.

Berapa Lama Sih Umur Kue Kering Lebaran?
Fun
Berapa Lama Sih Umur Kue Kering Lebaran?

Apakah kue kering dapat bertahan lama?

Vaksin Pfizer dan Moderna pada Bumil Juga Lindungi Bayi
Hiburan & Gaya Hidup
Vaksin Pfizer dan Moderna pada Bumil Juga Lindungi Bayi

Segera vaksin untuk melindungi diri dan si bayi

Zoe Kravitz Debut Sebagai Sutradara untuk Film Thriller 'Pussy Island'
ShowBiz
Video Lirik Menyentuh ‘B.Y.L’ dari Rendy Pandugo
ShowBiz
Video Lirik Menyentuh ‘B.Y.L’ dari Rendy Pandugo

Ditulis dan diproduksi oleh Rendy Pandugo bersama teman baiknya Petra Sihombing, B.Y.L merupakan kepanjangan dari Before You Left.

Angga Sasongko Buat Film Pendek Pakai Ponsel
ShowBiz
Angga Sasongko Buat Film Pendek Pakai Ponsel

Mencoba fitur-fitur terbaiknya.

Cara Merawat Hewan Lansia
Fun
Cara Merawat Hewan Lansia

Merawat hewan yang menua bisa jadi hal yang sulit.

Tak Ada COVID-19 di Pantai?
Fun
Tak Ada COVID-19 di Pantai?

Apa benar pantai bebas paparan COVID-19?

Perajin Batik Perlu Didukung Dompet Digital
Fun
Perajin Batik Perlu Didukung Dompet Digital

Pengrajin Batik harus memanfaatkan teknologi dompet digital.